Erick Thohir Buka-bukaan Jadi Ketua Pelaksana Satgas Covid-19


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, perbaikan ekonomi dan penangan kesehatan harus berjalan beriringan. Keduanya menjadi sektor yang diprioritaskan tim bentukan Presiden Joko Widodo tersebut.

Erick mengungkapkan bahwa program yang nantinya dirumuskan oleh selalu membawahi kepentingan dari kedua aspek tersebut. Hal itu, kata dia, yang menjadi poin utama Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Penanganan Covid-19 dibentuk.

"Saya rasa dengan kondisi hari ini kedua hal tersebut pasti harus berjalan seiringan," ujar Erick yang kini mengemban tugas sebagai Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Penanganan Covid-19 dalam konferensi pers secara virtual, Senin (20/7/2020).

Erick menyebut dikotomi antara kesehatan dan ekonomi akan memberikan dampak negatif bagi masyarakat. Di mana dia mencontohkan, istilah normal baru kemudian disalahartikan sehingga masyarakat menjalankan aktivitas secara bebas tanpa melakukan disiplin protokol kesehatan. Sehingga membuat jumlah kasus terinfeksi terus bertambah.

Akibatnya bisa terjadi gelombang kedua pandemi Covid-19. Hal ini, kata Erick, sangat berdampak terhadap sektor pertumbuhan perekonomian nasional akibat banyak sektor bisnis yang belum membuka kegiatan usahanya.

"Hal-hal tersebut saya rasa semua ada irisannya, setipis apapun alasannya kita harus lakukan secara bersama. Karena itu mengapa bapak Presiden Joko Widodo memutuskan di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kedua tim yakni Satgas Covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi digabungkan agar seiring senada supaya semuanya baik," ungkapnya.

Selain itu, Erick juga menguraikan targat-target dari tim khusus tersebut. Di mana, ada sejumlah program yang menjadi prioritas pihaknya. Program itu akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan penanganan kesehatan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Erick Thohir menjadi Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Penangan Covid-19. Pembentukan tim ini tercantum dalam peraturan presiden (PP).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Erick akan melakukan koordinasi antara satuan tugas penanganan corona yang diketuai oleh Doni Monardo dan satuan Tim Pemulihan Ekonomi nasional yang dipimpin oleh Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan