Hari Anak Nasional 2020, Menteri Sosial Jabarkan Kiat-kiat Jadi Orang Sukses


Pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menjabarkan kiat-kiat menjadi orang yang sukses. Kiat-kiat itu disampaikan Mensos dihadapan lebih dari 8.000 anak Indonesia dalam acara peringatan yang diselenggarakan secara virtual.

Kiat yang harus dilakukan adalah tidak terpengaruh oleh hal-hal buruk, menghormati dan mendengarkan orang tua. Menurutnya itu perlu dilalukan karena menjadi orang sukses bukan hanya pintar saja yang dibutuhkan.

"Kalau mau jadi orang sukses bukan hanya pintar, tapi juga takut orang tua. Pinter otak kalau lawan orang tua, tidak mengikuti nasihatnya, saya yakin hidup akan susah," kata Mensos Juliari saat menyapa anak-anak, secara virtual, Kamis (23/7/2020).

Lebih lanjut Mensos pesan agar anak-anak menyayangi orang tua yanh sudah membesarkan. Dari kecil orang tua sudah sabar menyuapi, menggantikan popok, tidak kenal lelah bangun tengah malam, hingga ketika sekolah dikenakan baju dan dihantar ke sekolah. Tidak sampai di situ, ibu juga dari siang hingga sore setia menunggu membuat Pekerjaan Rumah (PR) anaknya.

"Orang tua, khususnya ibu, harus kalian tempatkan di tempat yang paling tinggi. Di atas orang tua kalian adalah Tuhan, tidak ada lagi," tegas dia.

Dia meminta anak-anak juga mempercayai nasihatnya, karena Mensos juga pernah menjadi anak dan remaja. Dia mengaku pernah bandel, bolos sekolah, dan bohong, namun semua sudah ditinggalkan Mensos sebagai masa lalu, hingga kini dia juga sudah menjadi orang tua bagi dua orang anak.

Ketika sukses, Mensos harap anak-anak juga ingat pada orang tua yang sudah rela mengorbankan apapun demi anak. Maka dari itu, pantang membuat oramg tua sedih, kecewa, dan menangis, terkecuali menangis karena bahagia.

"Kalian bisa jadi menteri, gubernur, bahkan presiden, pasti itu. Setelah kalian lalukan itu, jangan lupa berdoa," pesan Mensos.

Berdoa perlu dilakukan dalam setiap aktivitas agar kita senantiasa dilindungi oleh sang pencipta. Mensos ingatkan bahwa kita semua ada di dunia karena Tuhan Yang Mahakuasa yang mengirimkan ke dunia, melalui orang tua.

"Siapa tidak sayang orang tua, tidak sayang Tuhan. Orang tua juga tidak minta aneh-aneh pada anak, jangan lakukan tindakan tidak terpuji, yang negatif," tegas dia.

Tindakan negatif yang dimaksud Mensos diantaranya merokok, pornografi dan seks bebas, menggunakan obat terlarang seperti narkoba, mengikuti geng motor, tawuran, bahkan hingga membunuh sesama. Tindakan negatif itu yang diakui Mensos ada, nyata terjadi di lingkungan anak dan remaja di Indonesia.

"Mohon perlindungan pada mahakuasa, itu lakukan, pasti sukses. Bisa jadi menteri seperti saya, jadi gubernur seperti yang ada di wilayah kalian, hingga seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi)," kata dia.

Sukses lainnya bisa menjadi dokter untuk menyembuhkan orang dan membantu orang miskin, menjadi tokok agama untuk menebar kedamaian untuk orang lain, menjadi insinyur untuk membangun gedung, mesin mobil hingga pesawat. Selain itu sukses lainnua bisa menjari atlet internasional, misal di bidang sepak bola atau badminton.

"Saya memang bukan orang sempurna, tapi itu keyakinan saya. Kalau saya dulu melalukan lebih banyak, pasti saya akan lebih sukses," kata Mensos.

Mensos Juliari P Batubara saat pertemuan virtual Hari Anak Nasional 2020 [netralnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan