Jokowi: Tak Ada Pembubaran Satgas Covid-19, Semuanya Kerja Keras!


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penanganan kesehatan selalu menjadi prioritas pemerintah. Menurut Jokowi, tidak ada pembubaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Perlu saya tekankan juga bahwa tidak ada yang namanya pembubaran Satgas Covid-19 tidak ada baik di pusat maupun di daerah. Semuanya harus tetap bekerja keras," kata Jokowi saat memberikan 'Pengarahan kepada Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19' yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Senin (27/7/2020).

Jokowi menjelaskan pembentukan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional merupakan upaya untuk mengintegrasikan kebijakan kesehatan dan ekonomi. Hal itu, agar penanganan permasalahan kesehatan dan ekonomi dapat dilakukan bersamaan.

"Komite ini dibentuk untuk mengintegrasikan kebijakan kesehatan dan kebijakan ekonomi agar seimbang antara gas dan rem-nya," tuturnya.

Jokowi meminta penanganan krisis kesehatan di Indonesia tidak boleh mengendur. Dia meminta semua pihak untuk tetap bekerja keras menangani permasalahan kesehatan, utamanya COVID-19 di Indonesia.

"Dan penanganan kesehatan menjadi prioritas tidak boleh mengendur sedikitpun. Jadi aura krisis kesehatan ini harus terus digabungkan sampai nanti vaksin tersedia dan bisa digunakan secara efektif," kata Jokowi.

Perpres Jokowi Bubarkan Gugus Tugas, Ganti dengan Satgas

Seperti diketahui, Jokowi meneken Perpres No 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dalam perpres itu, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 diubah nama menjadi Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Dengan adanya Satgas Penanganan COVID-19 ini, Gugus Tugas COVID-19 dinyatakan dibubarkan. Berikut bunyi pasal 20:

a. Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku;
b. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibubarkan; dan
c. pelaksanaan tugas dan fungsi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), selanjutnya dilaksanakan oleh Komite Kebijakan dan/atau Satuan Tugas Penanganan COVID-19/Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah sesuai tugas dan kewenangan masing-masing sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden ini.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan