Jubir Ungkap Alasan Data Harian Corona Tak Disampaikan di Jumpa Pers


Sejak posisi juru bicara dari Achmad Yurianto digantikan Wiku Adisasmito, perkembangan harian virus corona baru (COVID-19) hanya melalui situs. Wiku pun membeberkan alasannya.

Menurut Wiku, sebenarnya sedari awal penyampaikan data adalah melalui situs secara real time. Namun Wiku mengatakan ada kendala dalam prosesnya sehingga penyampaian data tidak bisa real time melalui situs.

"Selama 4 bulan pertama kami belum mampu untuk mengintegrasikan jadi satu mengingat ada beberapa kendala di dalam bisnis proses atau proses dalam pengumpulan data dari setiap daerah dan ada proses verifikasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan yang ternyata memerlukan waktu lebih lama karena kami harus mampu untuk membuat sistem pendekatan data terintegrasi yang bisa diterima oleh berbagai pihak," kata Wiku dalam jumpa pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

"Kami menuju memberikan data secara real time agar masyarakat bisa mengakses langsung dan media juga bisa mengakses untuk disampaikan kepada masyarakat," imbuh Wiku.

Sebelumnya pun Wiku menyampaikan bila tidak ada maksud menutupi penyampaian data harian COVID-19 itu. Wiku mengatakan data akan disampaikan per harinya setiap pukul 16.00 WIB di situs covid19.go.id/petasebaran.

"Satgas tidak lagi mengumumkan data harian lewat konpers. Namun seluruh data update harian terhadap kasus yang ada disampaikan selalui melalui portal covid19.go.id/petasebaran. Di situ kami menyampaikan perkembangan kasus yang bisa diakses masyarakat, media tentang keadaan terkininya," kata Wiku.

"Tidak ada maksud menutup-nutupi data. Mari kita dorong transparansi publik dan silakan masyarakat ikut mengontrol bila ada kondisi yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya," imbuh Wiku.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan