Luhut Sebut RI Kini Negara Berpenghasilan Menengah ke Atas


Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa World Bank alias Bank Dunia menaikkan peringkat Indonesia menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas, alias upper middle income country.

Hal itu disampaikan Luhut saat memberikan kata sambutan dalam acara peluncuran kampanye Bangga Buatan Indonesia yang diadakan Kementerian Perindustrian.

"Saya sampaikan berita baik buat kita. Bahwasanya, Indonesia diumumkan World Bank naik dari lower middle income country jadi upper middle income country," ungkap Luhut yang ditayangkan di YouTube Kementerian Perindustrian, Rabu (1/7/2020).

Luhut sendiri mengaku kaget saat mendengar kabar tersebut. Terlebih lagi pengumuman ini dilakukan pada saat kondisi ekonomi melemah dan penuh ketidakpastian.

"Saya kaget melihat ini, karena diumumkan pada saat keadaan seperti saat ini," kata Luhut.

Soal kampanye Bangga Buatan Indonesia sendiri, Luhut menjelaskan bahwa gerakan ini bisa mengakselerasi putaran ekonomi dan meningkatkan keberpihakan pada produk lokal.

"Gerakan ini adalah bentuk akselerasi putaran ekonomi dan meratakan pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga untuk meningkatkan keberpihakan kita terhadap produk lokal," papar Luhut.

Luhut menjelaskan gerakan ini memiliki target menjaring 2 juta UMKM untuk masuk ekosistem digital. Hingga akhir Juni dia memaparkan sudah ada 600 ribu yanh masuk. Gerakan ini juga menurutnya akan memberikan dukungan pelatihan sampai relaksasi perizinan.

"Sampai akhir Juni 2020 sudah ada 600 ribu masuk ke ekosistem digital. Kita juga berikan dukungan untuk IKM dan UKM, dari pelatihan daring sampai relaksasi perizinan," kata Luhut.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan