Luhut Tiba-Tiba Ditelepon Jokowi Pagi-Pagi, Ada Apa?

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku mendapat pesan khusus melalui sambungan telpon dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi meminta Luhut agar bisa menjadikan produk dalam negeri bisa lebih dipilih oleh masyarakat dibanding produk-produk asing.

"Tadi Presiden telepon saya pagi-pagi ingatkan juga, jangan sampai barang yang dijual di platform online adalah barang yang impor. Karena ada data 20% peningkatan impor barang-barang konsumtif," kata Luhut dalam diskusi virtual Reaktivasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Rabu (22/07/2020).

Permintaan itu tidak lepas dari meningkatnya transaksi masyarakat dari jual beli online. Potensi ini bisa dimanfaatkan usaha mikro kecil dan menengah untuk memasarkan produknya. Namun, perlu dipastikan jangan sampai produk pelaku usaha kecil harus kalah saing dari yang lain. Apalagi, potensinya kian meningkat semenjak pandemi covid-19 datang.

"UMKM dapat gunakan platform digital, data menunjukkan penjualan di platform digital meningkat 8x bahkan akan meningkat 16x hingga akhir tahun ini," jelas Luhut.

Persoalan ini harus menjadi perhatian serius. Pelaku usaha kecil harus mendapat slot atau perhatian lebih. Apalagi, sektor menyumbang 96% lapangan pekerjaan. [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan