Mensos Ungkap Alur Update DTKS: Seperti Film Star Trek

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengungkap alur update data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Juliari menyinggung alur update DTKS seperti film seri televisi fiksi Star Trek.

"Ya ini alur dari pada update data yang pertama tentunya dari kami mengeluarkan pre list ke masing-masing kabupaten/kota dan pre list tersebut oleh aparatnya Pak Menteri Desa akan dimusyawarahkan, apakah betul keluarga-keluarga ini masih boleh kita lanjutkan di data tersebut," kata kata Juliari saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Kalau sudah tidak layak lagi ya diganti begitu, itu semua dilakukan di musdes (musyawarah desa), kalau di kota di muskel (musyawarah kelurahan)," imbuhnya.

Usai rembuk tingkat desa dan kelurahan, petugas akan melakukan kunjungan ke rumah keluarga calon tercatat dalam DTKS. Dari kunjungan ini akan dinilai bagimana kondisi rumah.

"Kemudian dalam menentukan di musdes itu tentunya dilakukan visit, visitation, visitasi kepada rumah-rumah yang di desa atau kelurahan tersebut. Masih layak nggak rumah ini, keluarga ini, dimasukan di dalam DTKS tersebut," ujar Juliari.

Hasil kunjungan tersebut akan dikirim ke Dinas Sosial kabupaten/kota. Setelahnya, data tersebut akan diunggah ke aplikasi Kemensos yakni SIKS-NG yang disebut Juliari seperti film seri Star Trek.

"Setelah itu baru diupload, sebelum diupload diberikan dikirim kepada kabupaten/kota, jadi memang berjenjang, dari desa dikirim ke kabupaten/kota dalam hal ini Dinas Sosial hasil tadi putusan musdes, dari muskel, oleh Dinas Sosial kabupten/kota baru diupload ke Kemensos sebagai wali data dengan menggunakan aplikasi SIKS-NG, Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation, seperti film Star Trek New Generation," ucapnya.

Star Trek sendiri adalah film seri televisi fiksi ilmiah televisi dari Amerika Serikat yang pertama ditayangkan pada tahun 1966. DTKS, kata Juliari, diupdate dua kali dalam setahun.

"Sehingga itulah yang akan menjadi update dari DTKS untuk daerah tersebut. Di setiap tahun ada 2 kali updating yaitu di setiap Januari dan di setiap bulan Juli," tutur Juliari.

DTKS Kemensos itu dipadankan dengan data kementerian lainnya. Juliari menyebut Kemendagri hingga Kemendikbud.

"Data-data inilah yang dipadankan dengan Dukcapil, dengan Ditjen Pajak, Kemendikbud, BPJS Kesehatan, BPJS Tenaga Kerja," imbuhnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan