Soal Serapan Anggaran Corona, Kemensos: Sudah Ranking Satu

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin mengatakan bahwa serapan anggaran di Kemensos untuk penanganan COVID-19 sudah mencapai 54 persen. Angka ini ia sebut ranking pertama dibandingkan kementerian dan lembaga lain.

"Kalau Kemensos, serapan kita 54 persen, sudah ranking satu dari kementerian lembaga. Itu anggaran menyeluruh, karena sebagian besar anggaran Kemensos untuk pandemi COVID," kata Pepen kepada wartawan di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (30/6/2020).

Penanganan pandemi katanya memiliki 3 aspek. Pertama adalah kesehatan, perlindungan sosial dan penguatan ekonomi. Ia menyebut tugas Kemensos untuk perlindungan sosial cukup lumayan dan harus tetap dipercepat.

Ia menambahkan bahwa untuk bantuan sosial dalam bentuk tunai dari Kemensos sejauh ini sudah mencapai tahap ke-3. Sedangkan untuk bantuan sosial khusus sembako di DKI Jakarta mencapai tahap ke-6. Kemensos rencananya akan melakukan skema penambahan bantuan hingga Desember.

"Tapi mekanisme dan besarannya terus kita godok," ujarnya.

Di tempat yang sama Wayan Wirawan, Direktur Penanganan Fakir Miskin (PFM) wilayah 2 yang membawahi Banten menyebutkan bantuan sosial tunai wilayah ini sudah mencapai 67 persen. Bantuan senilai Rp 600 ribu diberikan kepada 519 ribu lebih kepala keluarga.

"Satuan kita kepala keluarga, kalau dari BST-nya ini kan dari 3 (kali) sudah 2 (kali) berarti 67 persen," tambahnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan