Survei: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Bansos Pemerintah


Lembaga survei Alvara Research menyatakan mayoritas masyarakat puas dengan program bantuan sosial yang diadakan pemerintah. Tingkat kepuasan ini diukur dengan melibatkan 1.225 responden dari seluruh provinsi di Indonesia.

Peneliti Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan tingkat kepuasan ini menjadi sentimen positif bagi pemerintah. Meski, tak sedikit yang mengatakan bansos belum tepat sasaran.

"Ternyata tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam hal bantuan sosial cukup tinggi, yakni 56,2 persen," kata Ali dalam diskusi daring, Jakarta, Minggu, 12 Juli 2020.

Masyarakat juga puas dengan kinerja pemerintah dalam merawat pasien covid-19. Sarana dan prasarana yang disiapkan pemerintah dianggap mumpuni menampung pasien covid-19.

"Tingkat kepuasannya mencapai 72,3 persen. Sementara yang paling tinggi kepuasan terhadap informasi protokol kesehatan," ujar Ali.

Ia menyebut hampir seluruh masyarakat sudah mendapatkan edukasi terkait protokol kesehatan. Tingkat kepuasan ini sejalan dengan capaian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam memberikan edukasi dan informasi.

"Karena itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gugus Tugas paling besar, yakni 72,7 persen," ujar Ali.

Sementara itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepala daerah sedikit lebih rendah, yakni 70 persen. Namun, angka ini jauh lebih tinggi dibanding dengan angka kepuasan terhadap kinerja pemerintah pusat.

"Karena pemerintah daerah lebih teknis dan programnya langsung terasa di masyarakatnya," ucap dia.

Survei ini dilakukan pada 22 Juli hingga 1 Juli 2020. Metodologi yang digunakan kuantitatif melalui mixed medcom.id, online survey, dan mobile assisted phone interview dengan margin of error 2,86 persen. [medcom.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan