Ada MRT hingga Jalan Tol di Uang Rp 75 Ribu, Ini Maknanya

Foto: Dok. Bank Indonesia
Uang khusus Rp 75 ribu peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia memiliki makna filosofis mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang. Hal itu tertuang dalam gambar yang ada di dalam uang tersebut.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan, pada halaman muka memiliki makna mensyukuri kemerdekaan yang digambarkan dengan peristiwa proklamasi oleh proklamator.

"Digambarkan desain mata uang yang meliputi halaman muka bermakna mensyukuri kemerdekaan dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Doktor Honoris Causa Ir Soekarno dan Doktor Honoris Causa Drs Mohammad Hatta," katanya dalam acara peluncuran yang disiarkan lewat Youtube, Senin (17/8/2020).

Halaman muka juga memiliki makna pencapaian pembangunan selama 75 tahun yang ditunjukkan oleh gambar Jembatan Youtefa, MRT, LRT, hingga Tol Trans Jawa.

Sementara, halaman belakangan bermakna memperteguh kebinekaan yang digambarkan anak-anak memakai baju adat yang mewakili wilayah barat, tengah dan timur. Halaman belakang juga memuat makna menyongsong masa depan yang gemilang.

"Juga bermakna menyongsong masa depan gemilang era digital digambarkan dengan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI," terangnya.

Kemudian, juga memuat makna peran Indonesia di era global. Hal itu tertuang lewat gambar peta Indonesia emas.

"Peta Indonesia emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global," ungkapnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan