Erick Thohir Ungkap Skema Pengembangan Sarinah dan Semesco

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rencana pengembangan Sarinah dan Smesco.

Ia memastikan, keduanya akan saling bersinergi untuk mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM).

Menurutnya, Smesco akan menjadi tempat yang fokus memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM, sementara Sarinah menjadi tempat pemasaran bagi produk-produk UMKM.

"Smesco lebih banyak coaching (pelatihan) UMKM supaya bisa produknya ditingkatkan atau di-upgrade. Tetapi kita di Sarinah, lebih memastikan ke pemasaran, karena kalau masalah pembiayaaan sudah berjalan dengan baik," ungkap Erick dalam konferensi pers virtual peluncuran laman dan aplikasi khusus UMKM, Senin (17/8/2020).

Ia mengatakan, sinergi antara Sarinah dan Smesco telah disepakati antara dirinya dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Kementerian BUMN dan Kemenkop UKM pun telah menandatangani kerja sama.

"Kerja sama dengan Pak Teten kami lakukan, untuk bagaimana memastikan tidak hanya pendaaan yang terjaga, tapi juga terus membuka akses yang lebih besar kepada UMKM," jelasnya.

Erick menyatakan, mendorong pengembangan UMKM merupakan suatu keharusan dan keberpihakan BUMN pada sektor tersebut. Sebab, UMKM memiliki porsi terbesar dalam menopang perekonomian nasional sehingga perlu dukungan dari banyak pihak.

"Jadi bukan hanya sekedar lip service atau wacana, tapi ini sebuah keharusan dan keberpihakan agar kondisi UMKM dan ultra mikro bisa lebih baik lagi," ujar dia.

Sebelumnya, Erick mengungkapkan, sinergi keduanya sekaligus menghapus stigma yang melihat adanya persaingan antara Sarinah dan Smesco. Padahal, keduanya berguna bagi bisnis para pelaku UMKM dalam negeri.

"Kita mau sinergikan Sarinah dan Smesco, jangan masing-masing bersaing gitu, ngapain bersaing, orang dua-duanya punya pemerintah," katanya dalam diskusi virtual, Minggu (16/8/2020). [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan