Ingat Ya, Uang Khusus Rp 75 Ribu HUT RI Legal Jadi Alat Bayar

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jawa Tengah, M Taufik Amrozy, Senin (17/8/2020) menyerahkan uang edisi terbaru pecahan Rp 75.000 kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, dan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi.

Uang pecahan tersebut diserahkan pihak BI usai mengikuti rangkaian kegiatan HUT RI ke 75 di kompleks Balaikota Tegal. Penyerahan ini sekaligus menandai bahwa uang baru Rp 75.000 sah untuk transaksi sejak tanggal 17 Agustus 2020.

"Uang baru ini sebagai alat pembayaran sah mulai tanggal 17 Agustus 2020, sebagai legal tender," tandas Kepala KPw BI Tegal, M Taufik Amrozy kepada wartawan.

Penegasan ini sekaligus mengkoreksi pemberitaan yang menyatakan bahwa uang pecahan Rp 75.000 tidak bisa dijadikan sebagai alat transaksi. Taufik Amrozy, meneruskan, ada yang beranggapan uang ini hanya untuk koleksi seperti uang edisi khusus sebelumnya.

"Penerbitan uang baru ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. Tidak seperti edisi sebelumnya, uang baru ini sebagai alat pembayaran yang sah," tegasnya.

Uang berwarna merah putih tersebut memiliki nilai Rp 75.000 di mana dalam uang ada gambar Presiden RI ke-1, Soekarno dan Wakil Presiden, Drs Mohammad Hatta. Ada pula gambar pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945 serta foto transportasi MRT terbaru.

Di sisi lain uang kertas tersebut terdapat siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Selain itu ada gambar gambar satelit di sebelahnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan