Ini Kata Jokowi Soal Abe Mundur dari PM Jepang

Pasca Shinzo Abe mundur dari jabatan Perdana Menteri Jepang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung membuat pernyataan mengenai hal tersebut.

Jokowi mengatakan Shinzo Abe adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang dia temui setelah menjabat sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014.

"Di bawah kepemimpinannya, kami menyaksikan hubungan bilateral yang lebih kuat antara Indonesia-Jepang." ujar Jokowi melalui Twitter, Jumat (28/8/2020).

"Terima kasih PM @AbeShinzo @JPNPMO untuk persahabatanmu. Semoga Anda selalu sehat," tambah Jokowi.

Sebelumnya, Perdana Menteri terlama yang pernah dimiliki Jepang, Shinzo Abe mengundurkan diri. Abe mengumumkan hal tersebut karena penyakit kolitis ulserativa yang dideritanya.

Ia pun meminta maaf atas pengunduran dirinya itu. Dengan membungkukkan badan, Abe berucap meminta maaf kepada rakyat Jepang. "Saya telah memutuskan untuk mundur dari jabatan perdana menteri," katanya sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (28/8/2020).

Ia mengatakan harus menerima perawatan karena kondisi itu. Dan, tak akan sanggup memberi waktu untuk melaksanakan semua tugas.

"Sekarang saya tidak dapat memenuhi amanat rakyat dengan percaya diri, saya telah memutuskan bahwa saya tidak boleh lagi menduduki posisi perdana menteri," katanya lagi.

Meski demikian, Abe akan tetap menjabat sampai partai yang berkuasa Partai Demokrat Liberal memilih penggantinya. Pemilihan akan dilakukan di parlemen.

Belum ada konsensus yang jelas soal siapa yang menggantikannya. Termasuk apakah itu Menteri Keuangan Taro Aso atau sekretaris kabinet Yoshihide Suga.

"Saya dengan tulus meminta maaf kepada masyarakat Jepang karena telah meninggalkan jabatan saya dengan sisa satu tahun masa jabatan saya, dan di tengah kesengsaraan virus corona," katanya lagi.

"Sementara berbagai kebijakan masih dalam proses diimplementasikan." [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan