Jalankan Instruksi Jokowi, Istri Mendagri-PKK Akan Kampanye Masker Door to Door

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian akan melibatkan kader PKK untuk sosialisasi penggunaan masker yang dilakukan secara door to door. Hal itu merespons permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta ibu-ibu PKK terjun langsung sosialisasi masker.

"Kami para kader PKK dari seluruh Indonesia untuk ikut mensosialisasikan pemakaian masker, di mana nanti para kader-kader kami akan melakukannya door to door," kata Tri di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendes-PDTT), di Jalan TMP Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2020).

Tri Suswati yang merupakan istri Mendagri Tito Karnavian adalah Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK 2019-2024. Dia menggantikan Erni Guntarti, yang merupakan istri Mendagri sebelumnya, yaitu Tjahjo Kumolo.

Tri mengatakan sosialisasi itu akan memberikan edukasi terkait pentingnya pemakaian masker. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran pentingnya penggunaan masker di masa pandemi COVID-19.

"Tidak hanya membagikan masker tapi juga mensosialisasikan bagaimana pemakaian masker yang benar dan apa gunanya masker tersebut," ujar Tri.

"Karena kita menyadari banyak sekali masyarakat yang memakai masker tapi sebetulnya mereka tidak mengerti, tidak tahu apa sebenarnya gunanya masker tersebut," imbuhnya.

Menurut Tri, kader PKK telah melakukan sosialisasi terkait hal itu sebelumnya. Namun, dia menegaskan, akan melakukan sosialisasi yang lebih masif terkait penggunaan masker kepada masyarakat di masa pandemi ini.

"Kader-kader PKK kami sebetulnya sudah bergerak melakukan kegiatan ini karena kesehatan termasuk dalam 10 program pokok PKK. Namun saat pandemi COVID-19 ini kegiatan pemakaian masker ini dikhususkan, dimasifkan adalah salah satu untuk mendukung pemutusan penularan COVID-19," tutur Tri.

Selain itu, Tri menegaskan seluruh jaringan PKK di Indonesia akan berpartisipasi mengikuti program sosialisasi penggunaan masker secara door to door. Kader PKK hingga ke tingkat desa akan turut serta dalam sosialisasi tersebut.

"Kegiatan ini akan dilakukan oleh jaringan PKK diseluruh Indonesia dimana tim penggerak PKK ini adalah salah satu unsur di pemerintahan provinsi kabupaten kota dan sampai ke desa," ucap Tri.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin dalam 2 minggu ke depan pemerintah menggalakkan kampanye penggunaan masker demi mencegah virus Corona baru. Jokowi meminta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi ujung tombak kampanye itu.

"Saya ingin ini melibatkan PKK. Kita coba PKK. Ini istri Mendagri (Menteri Dalam Negeri) ini yang nanti.... Saya nggak tahu tapi kalau Ibu-ibu nanti khawatir mengenai masalah COVID ya mungkin kita rem, tapi kalau ibu-ibu siap," ujar Jokowi mengawali arahannya dalam rapat terbatas itu seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/8).

"Saya kira PKK ini juga sangat efektif untuk door to door urusan masker," imbuhnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan