Jokowi: Meski Pandemi, Pembangunan Infrastruktur Jalan Terus

Tol Banda Aceh-Sigli baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Jalan tol ini merupakan yang pertama dibangun di Aceh.

Jokowi menegaskan pemerintah akan tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur meski saat ini pandemi Corona belum reda di Indonesia. Alasan utamanya, infrastruktur Indonesia dinilai Jokowi masih kalah posisinya dengan negara lain.

Dia menyebutkan, biaya logistik Indonesia menjadi mahal karena infrastruktur yang belum baik. Ujungnya membuat daya saing Indonesia kalah dengan negara tetangga.

"Meskipun kita tengah hadapi pandemi COVID-19 pembangunan infrastruktur terus kita jalankan. Karena posisi infrastruktur kita masih tertinggal dari negara lain, kalau dibandingkan dengan negara lain, sehingga hal itu membuat biaya logistik kita jadi mahal," tutur Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

"Ini lah yang sebabkan daya saing kita tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara tetangga kita," pungkasnya.

Dia juga menyatakan pembangunan infrastruktur menjadi strategi dalam mengungkit percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Selain itu dalam kondisi saat ini pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi yang berikan daya ungkit percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Jokowi.

Begitu juga pembangunan jalan tol Trans Sumatera secara keseluruhan, yang terbentang dari Lampung ke Aceh, menurutnya bisa mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di pulau Sumatera.

"Kita tahu untuk sambungkan Aceh sampai ke Lampung yang panjangnya 2.765 km kita harapkan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di pulau Sumatera," ujar Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan