Mensesneg: Tito Karnavian ke Luar Negeri Penuhi Undangan Mendagri Singapura

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Singapura pada 28 hingga 30 Agustus 2020. Kunjungan Tito ke negeri singa itu guna memenuhi undangan dari Mendagri Singapura.

"Mendagri pergi ke luar negeri (Singapura) untuk pertemuan dengan dan atas undangan dari Minister for Home Affairs Singapura," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan, Jumat (28/8/2020) malam.

Adapun kunjungan Tito Karnavian ke Singapura untuk membahas kerjasama penanggulangan Covid-19, mendiskusikan kerjasama penanganan keamanan regional dan kelancaran program investasi di Indonesia. Pasalnya, Singapura adalah salah satu negara investor terbesar di Indonesia.

"Bapak Mendagri akan kembali ke Jakarta hari Minggu 30 Agustus," ujar Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga.

Selama Tito Karnavian di Singapura, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md ditunjuk sebagai Mendagri Ad Interim. Penunjukkan ini sudah sesuai aturan dimana saat Mendagri definitif menjalankan tugas di luar negeri, maka perannya digantikan sementara oleh Menko Polhukam.

"Sesuai ketentuan ditunjuklah Menko Polhukam sebagai ad interim Mendagri," jelas Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Setya Utama, Jumat.

Tjahjo Kumolo Tak Pernah ke Luar Negeri

Seperti diketahui, Mendagri sebelumnya, Tjahjo Kumolo tidak pernah dinas ke luar negeri. Tjahjo mengaku tidak pernah berkunjung ke luar negeri selama menjabat sebagai Mendagri 2014-2019. Dia takut masalah justru tiba-tiba terjadi ketika dia sedang meninggalkan Indonesia.

"Saya mungkin satu-satunya menteri yang sampai lima tahun besok mau selesai ini tidak pernah berkunjung ke luar negeri," tutur Tjahjo dalam Konsolidasi Nasional 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum di JCC Senayan, Jakarta, Senin 23 September 2019.

"Meninggalkan satu hari pun takut kalau ada masalah-masalah yang ada," sambungnya. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan