Sah! Uang Khusus HUT RI ke-75 Resmi Diluncurkan

Hari ini Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang khusus baru. Uang ini dibuat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 75.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan uang khusus yang diterbitkan ini bukanlah uang baru yang beredar bebas di masyarakat atau digunakan untuk pelaksanaan kegiatan ekonomi.

"Uang ini khusus untuk peringatan peristiwa, yakni dalam rangka memperingati HUT RI ke-75," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (17/8/2020).

Adapun uang khusus tersebut diterbitkan dalam bentuk uang kertas dengan nominal Rp 75.000. Jumlah lembaran yang dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Kabar ini sendiri sudah terdengar riuh sejak kemarin. Muncul pula spekulasi tentang jenis dan nominal uang yang akan diluncurkan.

Di media sosial tersebar gambar uang kertas rupiah baru dengan nominal Rp 75.000. Menurut gambar yang tersebar, uang kertas Rp 75.000 itu berwarna merah dengan paduan warna putih dan hijau. Terpampang wajah Soekarno dan Mohammad Hatta.

Kemudian di sisi satunya ada gambar deretan anak-anak yang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Lengkap juga dengan tanda tangan Gubernur BI dan Menteri Keuangan. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan