Tol Lampung-Aceh Ditarget Tersambung 2024


Bakauheni, Lampung hingga Aceh ditargetkan bakal tersambung tol pada 2024. Pangkal hingga ujung Pulau Sumatera tersebut akan dihubungkan dengan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang saat ini sudah rampung di sejumlah ruas.

Untuk mengejar target tersebut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bakal mempercepat pengadaan tanah untuk pembangunan JTTS, yang mana nantinya infrastruktur jalan bebas hambatan tersebut dapat menggerakkan ekonomi rakyat.

"Target pemerintah untuk jalan Tol Bakauheni-Aceh diharapkan bisa selesai pada tahun 2024 sedangkan pembebasan lahan paling lambat di akhir tahun 2022, untuk itu kita melakukan teleconference dengan para Kepala Kantor ATR/BPN se-Sumatra untuk memastikan target itu dapat terpenuhi," kata Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A Djalil dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (20/8/2020).

Pembangunan infrastruktur di Indonesia termasuk jalan tol tak bisa lepas dari proses pengadaan tanah. Di sisi lain terdapat kendala yang dihadapi. Namun dirinya menjamin urusan tahan untuk JTTS akan dibereskan seluruhnya pada 2022.

"Kami ke sini untuk meyakinkan kita semua yaitu target 2022, pembebasan lahan dapat tercapai," sebutnya.

Lebih lanjut, dia menginstruksikan agar penataan lokasi jalan tol untuk disegerakan.

"Sebagian jalan tol itu belum ada sertipikatnya, sekarang kita akan mengeluarkan seluruh sertipikat jalan tol dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) membayar uang ganti rugi bagi dokumen dan bidang-bidang yang belum dibayarkan," jelasnya.

Pembangunan jalan tol juga diyakininya akan berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

"Pemerintah Daerah Lampung mengatakan sekarang Lampung menjadi dinamis serta ekonomi dan investasinya tumbuh, berkembang luar biasa dan seluruh Sumatra dapat akan mengalami hal yang sama," tambahnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan