Upacara Kemerdekaan RI Ke-75, Mensos: Implementasikan Semangat Pahlawan di Masa Pandemi


Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memberikan pesan di Hari Kemerdekaan RI Ke-75. Menurutnya, semangat kemerdekaan dari para pahlawan sangat relevan diteladani dan diimplementasikan di masa pandemi saat ini.

Mensos mengatakan, bila dulu para pahlawan berjuang melawan musuh bersenjata, sekarang kita melawan pandemi dengan segala dampak yang ditimbulkannya. Sebut saja, para petugas kesehatan dan relawan berada di garda depan bertarung melawan virus dan membantu para pasien, dan para ilmuan bekerja siang malam menemukan vaksin dan obatnya.

“Terbukti kita adalah bangsa pejuang. Jadikan hari kemerdekaan ini sebagai momentum untuk bangkit. Jaga semangat, keyakinan dan tetap optimistis menatap masa depan,” kata Mensos, Senin (17/8/2020).

Pernyataan disampaikan saat Mensos dan pejabat Eselon I Kemensos mengikuti “Upacara Peringatan dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75” dan Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan istri serta Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan istri.

Mengenakan baju adat Melayu, dengan khidmat Mensos Juliari dan jajaran mengikuti upacara melalui video conference di ruang Media Center Penanganan Covid-19, Kantor Kemensos, Salemba Raya, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Hadir mendampingi Mensos, Sekjen Hartono Laras, Irjen Dadang Iskandar, Dirjen Rehsos Harry Hikmat, Dirjen Linjamsos Pepen Nazaruddin, SAM Bidang Teknologi Kessos Andi ZA Dulung, dan SKM Bidang Hubungan Antar Lembaga Erwin Tobing.

Lebih lanjut, pesan yang sama dia sampaikan untuk masyarakat luas. Mensos meminta masyarakat luas menunjukkan semangat perjuangannya, dengan bekerja sama, bergotong royong, berempati terhadap sesama, termasuk dengan menunjukkan disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan.

“Di antaranya dengan mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, mari jadikan krisis ini sebagai momen untuk bangkit. Krisis jangan melemahkan kita. Namun jadikan krisis ini sebagai momentum untuk melakukan transformasi dan lompatan besar,” katanya.

Kata Mensos, seluruh pejabat struktural, fungsional, seluruh staf, baik di kantor pusat maupun UPT di daerah di seluruh pelosok tanah air juga mengikuti dan melaksanakan dengan khidmat ‘peringatan dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 dan penurunan bendera Sang Merah Putih’. Di tengah pademi, Kemensos lantas melaksanakan upacara dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum pelaksanaan upacara secara daring diselenggarakan, Mensos Juliari mengendarai sepeda santai dari kediaman pribadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menuju kantor Kemensos di Jakarta Pusat.

Sebagai informasi, dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU), Kalibata, Jakarta, pukul 00.00 Senin (17/8/2020).

Presiden selaku Inspektur Upacara menyampaikan penghormatan tertinggi kepada pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air. Acara juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, didampingi oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat terkait.[netralnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan