Erick Thohir Prediksi Kasus Covid-19 di RI Tembus 500.000 Akhir Desember

Pemerintah berupaya keras agar penularan covid-19 ini tidak mengalami kenaikan. Sebab, kasus positif Covid-19 di Indonesia kian mengkhawatirkan.

Kemarin saja, kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali pecah rekor. Saat ini, total kasus positif covid-19 di Indonesia mencapai 200.000.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, jika masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan maka diprediksi pasien yang terjangkit covid-19 bisa mencapai 500.000 orang pada akhir Desember.

"Kalau enggak disiplin maka angka sangat tinggi di awal tahun depan. Kalau asumsi jelek aja kalau sehari 3.000 akhir Desember bisa 500.000. Ini kenyataan yang harus dihadapi," ujar Erick dalam acara virtual, Jumat (11/9/2020).

Namun kata dia, kenaikan pasien Covid-19 masih rendah dibandingkan beberapa negara lainnya. Di antaranya Brasil, India dan Amerika Serikat yang memiliki pasien terjangkit cukup tinggi.

"Kalau kita lihat banyak kasus terjadi lebih negara yang mana India, Amerika, Brazil di 4 juta sekarang India mendapat 1 juta dalam 12 hari. Kita enggak mau mendekati itu," katanya.

Dia pun menambahkan saat ini pemerintah terus meningkatkan tes PCR maupun Swab Test untuk bisa mendeteksi Covid-19. Adapun 8 provinsi juga diutamakan dalam penyembuhan yang mana menyumbang 70% ekonomi Indonesia.

"Di Jakarta tesnya udah tinggi dibandingkan provinsi lainnya. Ada 8 provinsi yang kita utamakan karena banyaknya terjangkit apalagi 8 provinsi ini menyumbang ekonomi Indonesia," jelasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan