Gibran dan Sederet Bakal Calon Kepala Daerah Ikuti Tes Kesehatan di RSUD Dr Moewardi


Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso mulai menjalani tahapan proses pendaftaran pemilu lainnya yaitu tes kesehatan. Mereka akan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pantauan di RSUD Moewardi, bakal calon dari jalur independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) tiba terlebih dahulu di Moewardi. Disusul sekira pukul 07.10 WIB, bakal calon yang diusung PDIP dan didukung koalisi parpol Gibran Rakabuming Raka tiba di RSUD Moewardi.

Begitu tiba di RSUD, Gibran yang menggunakan kemeja warna putih celana kain warna hitam langsung masuk ke dalam ruang tunggu yang telah disiapkan. Kemudian, sekira pukul 07.19 WIB, pasangan Gibran, Teguh Prakoso tiba di RSUD. Seperti halnya Gibran, Teguh pun langsung masuk ke ruang tunggu pemeriksaan.

Humas RSUD Moewardi Eko Haryati mengatakan protokol kesehatan diterapkan pihak RSUD untuk semua bakal calon yang akan menjalani pemeriksaan tes kesehatan.

Selain Kota Solo, bakal calon Kepala Daerah di Solo Raya lainnya, seperti Wonogiri, Sukoharjo, juga melakukan tes kesehatan. Sedangkan kota di luar Soloraya yang juga menunjuk RSUD Moewardi sebagai lokasi test kesehatan adalah Magelang dan Blora.

"Untuk penataan kursi juga menerapkan social distancing. khusus pemeriksaan pendamping, juga menggunakan baju lengkap termasuk APD dan masker," kata Eko pada wartawan, Selasa (8/9/2020).

Menurut Eko, pemeriksaan tes kesehatan bakal calon Kepala Daerah tahap pertama meliputi cek fisik, urine, narkoba dan psikotes. Untuk test Covid-19 sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga sebelum pemeriksaan MCU balon, ungkap Eko, sudah harus membawa hasil swab negatif.

"Test kesehatan tahap pertama meliputi cek fisik, pemeriksaan urine untuk narkoba dan psikotes. untuk tes Covid-19 sudah dilakukan sebelumnya," katanya.

Sedangkan rangkaian pemeriksaan prosesnya cukup panjang. Namun diharapkan rangakaian tes kesehatan ini bisa selesai pukul 15.00 WIB.

"Tempatnya mencukupi karena luas juga. Dan tetap harus menerapkan social distancing. Karena prosesnya panjang, diharapkan nanti selesai sampai jam 15.00 WIB," katanya.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan