Ini Alasan Bansos & Subsidi Gaji Rp 600.000 Lanjut ke 2021

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah berencana untuk memperpanjang program bantuan sosial (bansos) hingga tahun depan. Hal ini disampaikan saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI.

Perpanjangan bansos hingga tahun depan diharapkan bisa membantu masyarakat yang terdampak Virus Corona atau Covid-19. Apalagi sampai saat ini virus tersebut belum diketahui kapan akan selesainya.

"Saya sampaikan kepada Komisi XI, karena tadi barusan Sidang Kabinet Paripurna, juga tampaknya 2021 masih akan bergerak beberapa program PEN dan penanganan COVID karena kita tahu bahwa sampai akhir tahun meskipun ada harapan ada vaksin tapi COVID masih ada," ujarnya di Ruang Rapat Komisi XI, Senin (7/9/2020).

Sri Mulyani berharap rencana ini bisa didukung dan dipahami oleh anggota Dewan terutama Komisi XI yang merupakan mitra Kemenkeu. Ia pun berjanji akan tetap mengelola fiskal negara dengan hati-hati.

"Jadi mohon untuk Komisi XI karena sebagai partner utama kami, juga bisa memahami dinamika yang harus kita kelola ini sebagai bendahara dalam situasi yang begitu sangat fleksibel dan berubah, tentu tanpa harus mengorbankan rambu-rambu prudential dari sisi fiskal policy kita," kata dia.

Diketahui, Menteri koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan melanjutkan sejumlah program bantuan kepada masyarakat di tahun depan. Hal ini untuk mendorong konsumsi masyarakat yang anjlok.

Bansos yang akan dilanjutkan ada tiga. Pertama, bantuan presiden untuk modal kerja UMKM terutama yang rumah tangga.

Kedua, bantuan subsidi gaji kepada pekerja swasta sebesar Rp 600 per bulan. Saat ini sudah dilakukan selama 4 bulan sejak Agustus dengan total Rp 2,4 juta per orang.

Ketiga, program bantuan untuk Kartu Pra Kerja, bantuan tunai serta bantuan sembako. Tidak hanya memperpanjang, untuk program ini, pemerintah juga memperluas cakupan penerimanya. [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan