Jokowi Ungkap Kesiapan Pusat-pusat Karantina di Jakarta

Presiden Joko Widodo meminta pasien-pasien virus Corona (COVID-19) yang bergejala ringan tidak menjalani isolasi mandiri. Pemerintah sudah bekerja sama dengan sejumlah hotel untuk menjadi pusat karantina agar tidak ada lagi penularan terhadap anggota keluarga pasien Corona.

"Pemerintah juga menyiapkan pusat-pusat karantina untuk pasien untuk gejala ringan agar tidak melakukan isolasi mandiri, ini juga penting, yang berpotensi menularkan kepada keluarga," ujar Jokowi dalam rapat terbatas penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

Pemerintah sudah bekerja sama dengan hotel bintang 1 dan hotel bintang 2. Untuk wilayah DKI Jakarta, yang kasus virus Corona-nya paling besar, pemerintah sudah bekerja sama dengan 15 hotel untuk menampung pasien Corona.

"Kita telah bekerja sama dengan hotel bintang 1 dan 2 untuk menjadi fasilitas karantina. Tolong ini juga disampaikan. Ada 15 hotel bintang 2 dan 3 di Jakarta dengan kapasitas 3 ribu. Ini kita telah bekerja sama dengan grup-grup hotel yang ada," sebut Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta jajarannya memastikan tempat tidur dan ruang ICU untuk merawat pasien Corona selalu tersedia. Sebelumnya, DKI Jakarta melaporkan menipisnya ketersediaan ruang perawatan bagi pasien Corona di rumah sakit rujukan.

"Pastikan ketersediaan tempat tidur dan ICU di rumah sakit rujukan untuk kasus-kasus yang berat," tegas Jokowi.

Presiden pun meminta Menkes Terawan melakukan audit protokol kesehatan di rumah sakit. Jokowi memerintahkan agar rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia aman dari penularan Corona.

"Saya minta agar menteri kesehatan segera melakukan audit dan koreksi mengenai protokol kesehatan tenaga kesehatan dengan pasien di seluruh rumah sakit," tuturnya.

"Sehingga rumah sakit betul-betul menjadi tempat yang aman dan tidak menjadi klaster penyebaran COVID," sambung Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan