Kemensos Luncurkan Bansos Beras 15 Kg untuk 10 Juta Keluarga

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara meluncurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk menangani dampak pandemi Covid-19. Sasaran penerima BSB adalah 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Jumlah BSB sebanyak 15 kg/KPM/Bulan selama tiga bulan untuk periode Agustus sampai dengan Oktober 2020. Bulan September disalurkan sebanyak 30 kg untuk alokasi bulan Agustus dan September. Kemudian sebanyak 15 kg pada bulan Oktober.

Mensos Juliari berharap pengiriman BSB ini berjalan dengan cepat dan lancar, sehingga Kemensos mengambil kebijakan dengan membagi sasaran dalam dua wilayah penyaluran. Masing-masing transporter bertanggung jawab atas satu wilayah penyaluran.

Diakui Mensos, penyalurkan beras dalam tiga bulan bukan pekerjaan yang mudah. Dia juga berpesan agar pemda, petugas seperti pendamping dapat menyukseskan proses penyaluran yang sudah di data by name by address.

"Kesuksesan program adalah konsistensi dan kualitas. Kedua yakni ketepatan sasaran," kata Mensos saat Peluncuran BSB dilakukan di Perum BULOG Kanwil DKI Jakarta Banten, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (2/9/2020).

Mensos menyadari, ada hal-hal di lapangan yang tidak dikira dan diduga bisa terjadi. Misalnya, meski penyaluran telah berdasarkan data by name by address bisa jadi ada pihak yang tidak mendapatkan Bansos Beras.

"Transporter, petugas Kemensos dan Dinsos perlu memikirkan bagaimana mitigasinya, bagaimana komunikasinya. Padahal itu (Bansos Beras) adalah program khusus. Harus diantisipasi sejak awal, mitigasi hal-hal itu di lapangan," pesan Mensos.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Kemenko PMK Tubagus Achmad Choesni, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso beserta jajarannya, Pejabat Eselon I dan II lingkup Kementerian Sosial, dan undangan.

Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Sosial Provinsi seluruh Indonesia dengan zoom meeting dan live streaming Youtube. Harapannya seluruh pihak dapat mengikuti dan memahami tugas, fungsi, dan kewajiban masing-masing.

"Selamat bekerja Kemensos, Perum Bulog, dan transporter daerah yang menyaksikan. Dinsos di seluruh kabupaten/kota agar program Presiden terlaksana dengan baik," dukung Mensos. [netralnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan