Komisi VIII DPR Rapat RUU Penanggulangan Bencana, Mensos-Menkes Hadir


Komisi VIII DPR RI menggelar rapat gabungan dengan sejumlah menteri hari ini. Rapat gabungan tersebut merupakan tahap awal pembahasan RUU Penanggulangan Bencana.

Rapat digelar di ruang rapat Komisi VIII, kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2020). Rapat dipimpin Ketua Komisi VIII Yandri Susanto.

Sejumlah menteri diundang, namun tidak semuanya hadir. Menteri yang hadir, yakni Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Menteri Hukum (Menkum) dan HAM Yasonna H Laoly.

Sedangkan yang tidak hadir, yaitu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB). Menteri yang tidak hadir tetap diwakili oleh pejabat lainnya.

RUU Penanggulangan bencana ini merupakan inisiatif DPR. Dalam rapat hari ini, pemerintah akan menyampaikan daftar inventaris masalah (DIM).

"Jadi kita akan sampaikan DIM dari pemerintah setelah kita membahas dari pemerintah, setelah itu akan dibentuk panja dan dimulai untuk pembahasan dengan Komisi VIII," kata Mensos Juliari di kompleks DPR.

Juliari menyebut RUU Penanggulangan Bencana sebagai sistem. Menteri berlatar belakang politisi PDIP itu menyebut pemerintah ingin RUU tersebut bukan hanya mengatur perihal penanggulangan bencana saja.

"Ya ini kan RUU Penanggulangan Bencana, ini RUU sistem. Apabila ada bencana, baik alam maupun non alam, bagaimana sebenarnya sinergi antara kementerian/lembaga terkait di dalam tidak hanya menanggulangi bencana, tetapi memitigasi bencana juga," tutur Juliari.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan