Menkes Terawan: DKI Jakarta Masih Mampu Rawat Pasien COVID-19

Belakangan, tingkat okupansi tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 kawasan Jakarta menjadi sorotan lantaran semakin penuh. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjamin, rumah sakit-rumah sakit di Jakarta masih mampu menampung pasien COVID-19.

"Khusus untuk DKI Jakarta berdasarkan dari pengecekan langsung, pengamatan, dan juga sidak di lapangan, per 13 September 2020 pukul 12 siang, dapat kami sampaikan, bahwa untuk DKI Jakarta masih mampu melakukan perawatan pasien COVID-19," kata Terawan dalam keterangan pers yang disampaikan lewat siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

Dia menjelaskan perihal ketersediaan tempat tidur baik di ruang-ruang isolasi untuk pasien bergejala sedang, juga tempat tidur di ruang-ruang ICU untuk pasien bergejala berat. Berikut angka rincian yang disampaikan Terawan.

Ruang isolasi untuk pasien bergejala sedang:
- Total: 4.271 tempat tidur
- Masih kosong: 1.088 tempat tidur

"Dalam beberapa hari kedepan, ruang isolasi ini akan ditambah 1.022 tempat tidur, sehingga menjadi 5.293 tempat tidur," kata Terawan.

Ruang ICU untuk pasien bergejala berat:
- Total: 584 tempat tidur
- Masih kosong: 115 tempat tidur

"Dalam beberapa hari ke depan dapat ditambah sebanyak 138 tempat tidur ICU, sehingga total menjadi 722 tempat tidur," kata Terawan. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan