Nadiem Makarim Kenang Abdul Malik Fadjar Sosok Humanis di Dunia Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berduka cita atas berpulangnya Eks Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar. Menurutnya, sosok Abdul Malik Fadjar adalah sosok yang memberikan banyak inspirasi.

"Innalillahiwainnaillaihirojiun. Mewakili keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Bapak Prof. Abdul Malik Fajar," kata Nadiem Makarim dalam keterangannya pada Senin (8/9/2020).

"InsyaAllah amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT," imbuhnya.

Nadiem Makarim juga mengenang Abdul Malik Fadjar sebagai sosok yang memberi banyak pembelajaran ke masyarakat. Khususnya, pembelajaran tentang pendekatan humanis, demokratis, dan memberikan kebebasan hak asasi manusia dalam pendidikan.

"Beliau adalah sosok yang memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi kita semua, termasuk tentang pendekatan humanis, demokratis, dan memberikan kebebasan hak asasi manusia dalam pendidikan. Selamat jalan pahlawan dan guru bangsa," ujar Nadiem Makarim.

Abdul Malik Fadjar meninggal Senin (7/9) malam. Abdul Malik Fadjar adalah Mendiknas di era Kabinet Gotong Royong.

Kabar meninggalnya Abdul Malik Fadjar dibenarkan oleh Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas. Abdul Malik Fadjar meninggal di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Belum diketahui penyebab wafatnya Abdul Malik Fadjar. Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad menyebut Abdul Malik Fadjar sudah sepuh.

"Kurang mengetahui, tetapi sempat dirawat di RS Mayapada. Mungkin beliau sudah sepuh," kata Dadang. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan