Pemerintah Bakal Gandeng Shopee dan DANA di Program Kartu Prakerja


Pemerintah bakal menambah empat platform sebagai mitra pembayaran dalam program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan, keempat perusahaan tersebut yakni DANA, ShopeePay, BRI dan Bank Mandiri.

Keempatnya pun sudah menandatangani nota kesepemahaman dengan PMO untuk menjadi mitra pembayaran dalam Program Kartu Prakerja.

"Finalnya nanti, kan masih perjanjian kerja sama. Karena yang memuat hal-hal yang lebih detil, teknis tentang hal dan kewajiban dan sebagainya itu ada di perjanjian kerja sama," jelas Denni ketika memberikan keterangan melalui video conference, Selasa (16/9/2020).

Denni pun menjelaskan, keempat platform tersebut pun masih harus melakukan integrasi teknis dengan sistem Kartu Prakerja. Dengan demikian, proses hingga DANA, ShopeePay, BRI, dan Bank Mandiri menjadi mitra pembayaran tidak terjadi begitu saja.

"Jadi sekarang ini dalam proses integrasi untuk kemudian menambah mitra pembayaran baru," jelas Denni.

Di sisi lain, saat ini juga ada lima platform digital baru yang menurut Denni akan segera bergabung dengan sistem program Kartu Prakerja.

Namun, untuk menjadi mitra resmi seperti Tokopedia atau Maubelajarapa, proses yang dilalui cukup panjang. Selain itu, untuk menjadi platform digital, persyaratan yang harus dipenuhi cukup berat.

Denni pun tidak memaparkan lebih detil terkait mitra digital yang akan menjadi platform pelatihan program Kartu Prakerja.

"Ada 5 calon digital platform yang baru dan sudah MoU kan. Sama seperti mitra pembayaran, administrasi, reputasi dan pemenuhan persyaratan teknis harus mengamankan data, dan teman-teman digital platofrm, dan mendapat perizinan Kominfo itu jadi penting. Digital platfom itu mitra yang paling strategis dan requirementnya berat," ujar Denni.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan