Pengumuman, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 8 Telah Dibuka


Program Kartu Prakerja Gelombang 8 telah resmi dibuka. Hal tersebut diumumkan manajemen Program Kartu Prakerja melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

"Gelombang 8 Kartu Prakerja telah dibuka!," tulis akun tersebut, Kamis (10/9/2020).

"Kunjungi situs resmi kami di www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mendaftar Kartu Prakerja. Bagi Sobat yang akunnya sudah dibverivikasi, jangan lupa untuk login dan klik 'Gabung' ke Gelombang 8 agar dapat masuk ke tahap seleksi," kata akun tersebut.

Sebelum mendaftar, pastikan hal-hal berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Cara daftar:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

4. Klik 'Gabung' pada gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang melalui SMS

Kartu Prakerja Gelombang 7 Diserbu 2,8 Juta Pendaftar

Pendaftaran Kartu Prakerja telah resmi ditutup siang ini pukul 12.00 WIB. Hingga waktu penutupan tersebut, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menyebutkan telah dibanjiri lebih dari 2,8 juta pendaftar.

“Sampai siang ini sudah lebih dari 2,8 juta pendaftar,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

Sebelumnya, melalui laman instagram @prekerja.go.id telah diumumkan akan adanya penutupan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 pada hari ini.

“Sobat Prakerja, Mimin mau mengumumkan bahwa Gelombang 7 akan ditutup tanggal 7 September 2020 pukul 12.00 WIB,” demikian isi dalam keterangan unggahan tersebut.

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 telah dibuka sejak Kamis (3/9) dengan kuota sebanyak 800.000 peserta. Bagi peserta yang belum lolos masuk gelombang sebelumnya maka bisa langsung mendaftar di gelombang selanjutnya.

Program Kartu Prakerja Gelombang 7 Sasar 800 Ribu Peserta

Sebelumnya, Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 pada Kamis kemarin. Adapun kouta untuk kali ini masih sama seperti gelombang ke-6 sebelumnya yakni mencapai 800 ribu peserta.

"Kalau setiap gelombang kami bisa konsisten menerima 800 ribu maka dalam 4 gelombang seluruh kuota sudah akan terpenuhi," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, saat dihubungi, Jumat (4/9/2020).

Sampai dengan gelombang ke-6 pihaknya mencatat sudah ada 3 juta penerima manfaat kartu Prakerja. Sehingga masih kurang sekitar 2,6 juta lagi dari target yang ditetapkan pemerintah sebanyak 5,6 juta orang.

Di samping itu, dirinya juga menyampaikan, dari beragam pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan, yang paling banyak diambil adalah pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran, teknologi informasi, keuangan, bahasa asing, gaya hidup, perkantoran, dan makanan minuman.

Sementara terkait, dengan pelatihan tatap muka pihaknya masih belum bisa memastikan akan dimulai. Sebab, masih harus berkomunikasi dengan tim gugus tugas.

"Untuk pelatihan tatap muka dalam kondisi pandemi saat ini harus dikoordinasikan dengan BNPB dan gugus tugas percepatan penangan Covid-19," katanya.

Kemudian mengenai insentif sendiri, pihaknya mengklaim sudah dibayarkan kepada penerima manfaat Kartu Prakerja. Bahkan, setiap harinya ada pembayaran. Insentif pertama diberikan setelah penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan pertamanya, sudah menerima sertifikat, sudah memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah diikutinya.

"Jumlah totalnya belum bisa kami sampaikan sekarang karena sangat dinamis," tandas dia.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan