Terungkap, Harga Vaksin Merah Putih Rp74.000

Pemerintah terus mendorog pembuatan Vaksin Merah Putih untuk pasien Covid-19. Harga vaksin nantinya diperkirakan sebesar Rp74.000.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengalokasikan anggaran Rp280 miliar pada 2021 untuk penelitian dan pengembangan Vaksin Covid-19 Merah Putih. Adapun alokasi yang sudah disalurkan ke peneliti sekira 70%.

"Pemerintah berupaya agar tahun depan Vaksin Merah Putih dapat tersedia. Kita sudah alokasikan anggarannya untuk vaksin Rp280 miliar yang mana Vaksin Merah Putih bibit vaksinya diteliti oleh Indonesia," ujar Bambang dalam rapat Komisi VII di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Kata dia, penelitian dan pengembangan Vaksin Merah Putih tidak hanya dilakukan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman. Beberapa lembaga penilitian seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Airlangga (Unair) turut melakukan penelitian dan pengembangan vaksin.

"Jadi pengembangnya dan kegiatan penelitiannya ada yang terbuat dari ragi atau dari dna, itu semua dari beberapa penelitian yang dilakukan di Indonesia," jelasnya.

Dia pun memperkiraan harga vaksin corona buatan dalam negeri sekira USD5 atau sekitarRp74 ribu (kurs Rp14.800 per USD).

"Untuk biaya, harganya masih terus bergerak karena masih terus dikembangkan. Tapi perkiraan dari lembaga Eijkman, dari lembaga awal, USD5 dolar per dosis,"jelasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan