Digelar Virtual, Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-75 TNI di Istana


Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari ulang tahun (HUT) KE-75 hari ini. Tak seperti peringatan di tahun-tahun sebelumnya yang digelar meriah di lokasi terbuka dengan mengundang warga, kali ini peringatan digelar secara virtual di Istana Negara, mengingat situasi pandemi COVID-19 (Corona).

Upacara HUT TNI ke-75 dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai inspektur upacara. Upacara disiarkan live di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/10/2020).

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, nampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan pejabat negara lainnya.

Sebelumnya, melalui akun Instagram resminya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas peran TNI selama ini, khususnya di selama masa pandemi Corona.

"Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, kini berkubang dalam perang melawan Covid-19, musuh tak kasat mata yang memorak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan," kata Jokowi seperti dilihat detikcom pagi ini.

Jokowi lantas mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi COVID-19. Mulai dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya: dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19," tuturnya.

Jokowi pun berharap, TNI selalu bersikap profesional. Dia juga berharap agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

"Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat," kata Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan