Jokowi Apresiasi Peran TNI Hentikan Penyebaran Covid-19


Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan saat ini negara tengah berperang melawan Covid-19. Perang ini tak lepas dari peran para prajurit TNI yang bekerja keras dalam mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Jokowi berkaitan dengan HUT ke-75 TNI, Senin (5/10/2020). Adapun Upacara HUT TNI kali ini digelar secara virtual dari Istana Negara Jakarta, karena kondisi pandemi Covid-19.

"Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya: dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan," ujar Jokowi di akun instagramnya, Senin.

Menurut dia, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya oleh operasi militer perang. Namun, juga operasi kemanusiaan di mana TNI sigap membantu rakyat yang sedang terkena bencana alam, terutama di masa pandemi corona.

"(TNI) Ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19," jelasnya.

Jokowi juga berterima kasih kepada prajurit TNI yang selalu siap menjalankan panggilan tugas. Dia mengatakan perjalanan panjang TNI sejak kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"Terima kasih kepada prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas, yang selalu setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di pulau terdepan dan yang bertugas di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian," tutur Jokowi saat upacara.

Dihadiri Menhan dan Kapolri

Perayaan HUT TNI kali ini berbeda seperti biasanya, di mana tidak ada kemeriahan dan dihadiri oleh masyarakat umum. Upacara di Istana Negara hanya dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetypo.

Kemudian, Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Acara ini juga diikuti oleh pasukan TNI dari 3 mantra secara virtual.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan