Menko Luhut Beberkan Kekuatan Hutan di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Indonesia mempunyai hutan hujan tropis sekitar 200 ton karbon tak terpulihkan (irrecoverable carbon). Hal itu merupakan yang terbesar ketiga di dunia.

"Jadi, kita ini merupakan rumah bagi hutan hujan yang masih utuh ada sekitar 200 ton karbon tak terpulihkan per hektare. Dibandingkan Amazon yakni sekitar 100 ton karbon per hektare," ujar dia dalam acara Forum Bersama Menjaga Hutan Indonesia, Rabu (14/10/2020).

Kemudian, lanjut dia, Indonesia juga memiliki hutan bakau seluas 3,4 juta hektare yang merupakan sepertiga dari cadangan karbon pesisir global yang penting untuk adaptasi dan ketahanan dalam menghadapi bencana alam serta perubahan iklim.

"Maka itu, ini perlu kita cermati, bahwa kita memiliki power yang luar biasa sebenarnya," ungkap dia.

Dia juga menambahkan, upaya melindungi dan menjaga ekosistem hutan Indonesia merupakan strategi penting. Di mana di sisi lain membutuhkan dukungan kebijakan maupun pendanaan.

"Kami juga berharap Badan Pendanaan Lingkungan Hidup dan Kementerian Keuangan dapat membantu mengatasi masalah tentang pendanaan kerusakan lingkungan hidup. Lalu pemberdayaan masyarakat dan nilai ekonomi karbon," tandas dia.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan