Mensos Ajak Jajarannya Perkuat Kerja Sama di Masa Pandemi

Menteri Sosial, Juliari P Batubara mengajak para jajarannya untuk terus perkuat kerja sama dalam menganggulangi dampak Covid-19, khususnya Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai sektor pemimpin dalam menangani pandemi yang masuk dalam bidang penyediaan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Kemensos bertugas untuk memastikan kepada masyarakat bahwa negara hadir dan menanggulangi permasalahan. Tugas kemensos yang tidak mudah terlebih dengan banyaknya masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19, kemensos harus memastikan bahwa bantuan sampai kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan rentan dengan cepat yang jumlahnya puluhan juta.

Juliari menyampaikan bahwa kondisi sulit ini merupakan kesempatan baginya dan juga kemensos untuk melakukan tugas mulia di masa pandemi Covid-19.

“Kita tidak menyangka di tahun 2020 ini, ada bencana dahsyat dimana peran Kemensos sangat fundamental dalam hal perlindungan sosial terhadap masyarakat,” ucap Juliari di acara Virtual Town Hall Meeting yang digelar secara daring, pada Jumat, 9 Oktober 2020.

Pada tanggal 25 Oktober 2020 mendatang tepat satu tahun Juliari menjabat sebagai Menteri Sosial. Selama menjabat Kementerian sosial termasuk dalam kementerian dengan anggaran belanja terbesar sebanyak Rp134,008 triliun dan menjadi kementerian dengan peringkat satu dalam penyerapan anggaran terbaik.

Anggaran tersebut meningkat dikarenakan juga oleh meningkatnya dampak dari pandemi Covid-19. Dari Pagu Indikatif sebesar Rp62,7 triliun, terus mengalami peningkatan menjadi Rp104,4 triliun, Rp124 triliun, dan yang terkini anggaran Kemensos sebesar Rp134,008 triliun atau terbesar dari seluruh K/L.

Meskipun anggarannya besar, Kemensos berhasil menempati posisi teratas dalam mengelola anggaran yang dibuktikan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sebanyak empat kali berturut-turut.

Maka dari itu, Juliari mengucapkan apresiasinya terhadap semua jajaran di Kemensos yang telah bekerja sebaik mungkin dalam mempercepat penyerapan anggaran yang mana hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Saya mendorong agar kinerja ini tetap konsisten hingga akhir tahun,” ucap Juliari. [tagar.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan