Satgas TNI RS Pulau Galang Lapor ke Jokowi: 0 Kematian Pasien Corona


Dalam peringatan HUT ke-75 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menyapa satgas-satgas TNI yang sedang bertugas baik di dalam negeri, maupun luar negeri. Salah satu yang mendapat kesempatan disapa Jokowi adalah Satgas TNI yang bertugas di RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang, Batam.

"Mohon izin Bapak Presiden, bapak Wakil Presiden, pada Hari Ulang Tahun ke-75 TNI diikuti secara virtual di seluruh jajaran mulai dari Sabang sampai Merauke," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Senin (5/10/2020).

Panglima TNI menunjukkan perwakilan Satgas yang sedang bertugas lewat layar besar. Jokowi lalu melakukan video conference, termasuk kepada Satgas di RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang dan Satgas misi Perdamaian TNI di Republik Demokratik Kongo.

"Mohon bapak presiden berkenan menyapa 6 Satgas yang saat ini sudah siap disapa oleh Bapak Presiden," ucap Marsekal Hadi.

Presiden Jokowi lalu menyapa perwakilan Satgas. Didampingi Wapres Ma'ruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Jokowi mengucapkan selamat HUT ke-75 TNI. Panglima TNI dan para kepala staf angkatan juga turut mendampingi.

"Selamat pagi semuanya. Pertama sekali lagi saya ingin menyampaikan Dirgahayu TNI, saya sekali menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dalam saudara-saudara bertugas di manapun, baik di tanah air, maupun di luar negeri," kata Jokowi.

Jokowi lalu menyapa Satgas di RS Galang. Ia kemudian menerima laporan dari Kepala RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang Kolonel CKM dr Khairul Ihsan Nasution yang merupakan dokter spesialis syaraf.

"Saat ini RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang telah merawat 3.265 orang. Sebanyak 1.206 orang di antaranya adalah pasien COVID-19 positif. Hari ini pasien yang dirawat adalah 210 orang dari 360 tempat tidur dengan okupansi rata-rata 80%," ungkap Khairul lewat video conference.

Kolonel Khairul melaporkan sejak pertama merawat pasien Corona, RS di Pulau Galang belum memiliki riwayat kematian pasien positif COVID-19. Ia juga melaporkan seluruh petugas dalam keadaan baik.

"Sampai saat ini seluruh pasien yang kami rawat tidak ada yang meninggal dunia, atau angka kematian 0. Prajurit yang sedang melaksanakan tugas berjumlah 104 orang dengan rincian TNI AD 60 orang, TNI AL 23 orang, TNI AU 17 orang dan Polri 4 orang dalam keadaan sehat," sebutnya.

"Wilayah RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang dalam keadaan aman. Sinergitas TNI/Polri dan masyarakat berjalan dengan baik. Kami ucapkan terima kasih kepada bapak presiden selaku Panglima tertinggi TNI atas kepercayaan kepada kami untuk bertugas di RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang,untuk melaksanakan pelayanan kesehatan untuk mengatasi wabah COVID-19. Siap melaksanakan tugas. Dari Galang untuk Indonesia," lanjut Khairul.

Jokowi lalu menanyakan apakah ada malasah terkait penanganan pasien Corona di RS Galang, termasuk soal sarana dan prasarana. Khairul menyatakan hingga saat ini tidak ada masalah.

Selanjutnya Jokowi menyapa Satgas Perdamaian di Kongo. Pimpinan Satgas Batalyon Gerak Cepat TNI di Kongo menyampaikan misi perdamaian berjalan dengan baik, meski masih ada beberapa wilayah yang rawan tindakan kriminal.

"Dengan gerakan pembinaan yang kami laksanakan, telah memperoleh pengakuan dari masyarakat, pemerintah setempat, dan PBB. Kami merasa bangga dapat membawa nama baik Bangsa Indonesia di dunia internasional melalui tugas operasi pemeliharaan perdamaian di Republik Demokratik Kongo. Siap melakasanakan tugas untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," ujarnya.

"Terima kasih, ini adalah salah satu dari amanat konstitusi kita yaitu ikut menjaga perdamaian dunia. Terima kasih, hati-hati semuanya yang ada di Kongo," jawab Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan