Satgas Ungkap Lebih dari 100 Demonstran Omnibus Law Reaktif Corona, Ini Petanya

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjabarkan data hasil sementara tes Corona terhadap pendemo omnibus law yang digelar minggu lalu. Hasilnya, ada seratusan massa yang reaktif Corona.

"Terkait dengan aksi unjuk rasa, berdasarkan hasil pantauan dari aksi minggu lalu terdapat 2 kelompok utama yang menyampaikan aspirasinya secara terbuka yaitu kelompok mahasiswa dan juga kelompok buruh. Dari data sementara massa yang diamankan oleh Polisi-TNI yang mengawal demonstrasi di beberapa provinsi Satgas sangat memprihatinkan dengan ditemukannya 21 dari 253 demonstran reaktif di Sumatera Utara," kata Wiku, dalam konferensi pers di YouTube BNPB Indonesia, Selasa (13/10/2020).

Selain itu, ada juga 34 reaktif dari 1.192 demonstran di DKI Jakarta, 24 dari 650 demonstran, reaktif di Jawa Timur. Lalu sebanyak 30 orang reaktif dari 261 demonstran di Sulawesi Selatan.

Adapun 13 orang reaktif dari 39 demonstran di Jawa Barat. Kemudian 1 dari 95 yang diamankan, reaktif di Yogyakarta. Sehingga jika ditotal sementara ada 123 demonstran pekan lalu yang reaktif COVID-19.

"Dan hasil testing di Jawa Tengah masih tahap konfirmasi," kata Wiku.

Wiku mengatakan hasil reaktif terhadap seratusan orang yang ikut aksi demonstrasi merupakan cerminan cepatnya penularan Corona. Wiku memperkirakan angka kasus reaktif bakal naik dalam 2-3 minggu ke depan.

"Karena peluang adanya penularan COVID dari demonstran yang positif COVID-19 ke demonstran lainnya," jelas dia. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan