10 Jalan Tol-Nasional Siap Diresmikan Jokowi, Ini Daftarnya

Pembangunan infrastruktur seperti jalan merupakan program kerja terbesar dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hingga akhir 2020, ada 10 ruas jalan baik tol maupun nasional yang siap diresmikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol yang siap diresmikan pertama yakni Jalan Tol Layang Ujung Pandang Seksi 3 (AP Pettarani) di Sulawesi Selatan sepanjang 4,3 kilometer (km). Saat ini pembangunan konstruksi jalan tol tersebut sudah mencapai 100% dan siap diresmikan Jokowi.

"Di bidang Bina Marga yang siap diresmikan adalah Jalan Tol Layang Ujung Pandang Seksi 3. Ini kemungkinan minggu ini akan diresmikan oleh Bapak Presiden kita tunggu tanggal beliau," kata Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Ruas kedua yang siap diresmikan yakni Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1-3 (Krian-Bunder) di Jawa Timur sepanjang 29 km. Kemudian ruas ketiga adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 (km 13-Samboja) di Kalimantan Timur.

"Jalan Tol Krian-Bunder, Jalan Tol Balikpapan- Samarinda ini Desember," ucap Basuki.

Keempat, ruas Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) di Jawa Barat. Kelima, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 tahap 1B (Kayu Agung-Jakabaring-SS Kramasan) di Sulawesi Selatan sepanjang 42 km.

"Jalan Tol Bogor, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini juga Desember karena masih ada beberapa longsoran yang harus diperbaiki," tuturnya.

Keenam, adalah Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen 1B-1D di Sumatera Utara. Ketujuh, jalan tol terakhir yang siap diresmikan tahun ini yakni Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 dan 2A di Jawa Barat dan Jakarta.

Kedelapan, jalan yang siap diresmikan yakni Jalan Akses Patimban di Jawa Barat sepanjang 8,2 km. Jalan ini disebut akan diresmikan oleh Jokowi bersamaan dengan operasional Pelabuhan Patimban.

"Patimban ini bukan jalan tol, tapi ini adalah jalan nasional Patimban yang menghubungkan jalan nasional pantura dengan pelabuhan," jelasnya.

Kesembilan ada Jembatan Tumbang Samba di Kalimantan Tengah. Kemudian terakhir, ada Jembatan Gantung Palopo di Sulawesi Selatan yang siap diresmikan sepanjang 84 meter.

"Jembatan Tumbang Samba ini sudah selesai dikerjakan, kemudian Jembatan Gantung Palopo itu sudah selesai karena jembatan yang aslinya dibawa hanyut oleh banjir," tandasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan