Bidding Olimpiade 2032, Jokowi Instruksikan Pembentukan Komite Khusus

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memerintahkan jajarannya membentuk komite khusus untuk persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Indonesia disebut siap untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

"Bapak Presiden memberi arahan kepada kami untuk pertama, menyiapkan tim dalam bentuk komite khusus untuk persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali usai rapat dengan Presiden Jokowi secara virtual, Rabu (4/11/2020).

Arahan kedua, kata Amali, Jokowi memerintahkan dirinya beserta kementerian/lembaga (K/L) terkait untuk menyiapkan anggaran dalam proses pencalonan tuan rumah tersebut.

Ketiga, lanjut dia, Jokowi meminta agar dipersiapkan berbagai hal terkait dengan proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Amali menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi penyelengara pesta olahraga terakbar tersebut.

"Pada intinya bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," tegas politikus Golkar itu.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi, meminta Menpora, Zainudin Amali, menyiapkan peta jalan atau roadmap pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah di ajang olimpiade 2032 mendatang.

"Saya minta roadmap pencalonan kita untuk tuan rumah 2032 betul-betul disiapkan dengan baik berdasarkan timeline yang telah ditetapkan IOC (Komite Olimpiade Internasional)," ujarnya.

Menurut Jokowi, penentuan rumah Olimpiade 2032 akan ditetapkan pada 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya di 2023. Maka dari itu, Presiden Jokowi pun merasa bahwa jajaran sangat perlu disiapkan untuk memuluskan rencana tersebut.

"Ini yang perlu saya kira roadmapnya perlu disiapkan," pungkasnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan