BLT Subsidi Gaji Cair Lagi, 3,1 Juta Pekerja Dapat Rp1,2 Juta

Kementerian Ketenagakerjaan kembali menyalurkan bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah termin kedua untuk para pekerja dalam tahap (batch) III. Pada batch III ini, Kemnaker menyalurkan subsidi gaji kepada 3.149.031 pekerja dengan anggaran mencapai Rp3,77 triliun.

“Hari ini, termin kedua subsidi gaji untuk tahap III kembali disalurkan. Sesuai dengan komitmen yang telah kami sampaikan sebelumnya, proses penyaluran subsidi gaji kami percepat karena datanya mengacu pada para penerima di termin I yang lalu yang sudah clear and clean," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Menaker Ida menjelaskan, termin kedua merupakan penyaluran subsidi gaji/upah periode November-Desember 2020. Sebelumnya, pada termin pertama, Kemnaker telah menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 12.252.668 pekerja/buruh atau sebesar 98,78 persen dari target penyaluran sebanyak 12.403.896 penerima.

Sejumlah calon penerima belum dapat menerima bantuan subsidi gaji/upah karena adanya beberapa kendala seperti duplikasi rekening; rekening sudah tutup; rekening pasif; rekening tidak valid atau rekening yang telah dibekukan.

“Selain itu, terdapat rekening yang tidak sesuai NIK dan rekening yang tidak terdaftar di kliring. Jumlahnya rekening bermasalah ini mencapai 151 ribu rekening,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan telah mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji termin kedua kepada 4.893.816 pekerja swasta. Namun, hingga saat ini masih ada beberapa pekerja yang belum menerima BLT tersebut, terutama yang memiliki rekening gaji bank swasta seperti BCA.

Pencairan BLT subsidi gaji gelombang dua sudah terlebih dahulu cair untuk rekening bank BUMN atau Himbara.

Dikutip dari beberapa cuitan netizen di Twitter, Senin (16/11/2020), sejumlah akun mengeluhkan BLT tak kunjung cair ke Bank BCA. Salah satunya dituliskan dari akun Twitter bernama @ayududduduudu yang menanyakan kapan BLT cair.

"BLT BPJS tahap 2 BCA kapan cair ya.

Ada yg udah cair?," tulis @ayududduduudu.

"BLT BCA ku kapan cair yakk?," tulis @chocoby95. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan