BLT Subsidi Gaji Dipastikan Cair ke Pemilik NPWP, Tapi Ada Syaratnya

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan setiap pekerja yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tetap mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi upah sebesar Rp1,2 Juta. Namun, yang terpenting pekerja itu upahnya di bawah Rp5 juta.

"Kan BSU atau BLT itu untuk gaji Rp5 juta ke bawah," kata Kasubag Pemberitaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Dicky Risyana kepada Okezone, Jumat (13/11/2020).

Dia menjelaskan, berdasarkan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah terjadinya kesalahan penyaluran, maka pihaknya melakukan pemadanan data dengan Dirjen Pajak.

"Jadi patokannya ketahuan yang gajinya diatas Rp5 juta enggak bakal dapet BSU atau BLT. Datanya kelihatan di Dirjen Pajak," ujarnya.

Sebelumnya, terungkap dari beberapa akun Twitter yang dikutip Okezone, Jumat (13/10/2020). Ada salah satu akun @instantnoodled yang mempertanyakan kenapa rekening dirinya belum juga masuk BLT ke rekening gaji miliknya.

"@KemnakerRI @BPJSTKinfo apakah benar jika sudah punya npwp tidak dapat subsidi gaji walaupun gajinya dibawah 5jt?," tulis @instantnoodled yang dikutip Okezone.

Cuitan itu mendapat balasan dari akun @BPJSTKinfo yang mempertanyakan apakah dia sudah mendapatkan dana BLT termin pertama atau belum.

"Malam, Sahabat. Perihal BSU apakah sudah menerima tahap pertama? -Angga," tulis @BPJSTKinfo.

"Sudah dan gaji saya dibawah 5jt sesuai ketentuan blt tapi saya punya npwp, teman sekantor semua sudah cair tahap ke 2 tapi saya dan 1 teman saya tidak cair diduga karena sudah wajib pajak. Apakah memang begitu ketentuannya? Padahal gaji masih dibawah 5jt," balas @instantnoodled.

Kasus serupa ternyata juga dialami oleh seorang warganet lainnya. Salah satu akun Twitter @sadevataa mencuitkan keluhan yang sama, yaitu BLT termin II belum cair apakah karena dirinya memiliki NPWP.

"Nhaaa.. ini sama kasus’ku Apa karna punya NPWP jadi gak dapat BLT tahap 2, meskipun gaji dibawah 5jt.. Kalo tidak cair karna punya NPWP, brati ngawur dong.. Padahal banyak kredit rumah rakyat syarat harus ada NPWP," tulis @sadevataa.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan