Dukung RI Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Presiden Jokowi Bakal ke Swiss

Indonesia terus berbenah demi bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Serangkaian persiapan pun telah dilakukam mulai dari sekarang. Untuk itu, akan dibentuk tim khusus yang menangani pencalonan Indonesia di ajang bergengsi tersebut.

“Tadi juga Presiden juga menyampaikan untuk segera membentuk komite khusus tersebut. Dan juga memberikan arahan terkait anggaran yang disupport terkait pencalonan ini,” kata Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (4/11/2020).

Dia juga melaporkan adanya norma baru dalam penyelenggaraan Olimpiade. Pada intinya, dia mengatakan jika norma baru tersebut mengutamakan efisiensi dan efektivitas.

“Kami menyampaikan ada norma-norma baru yang dibuat IOC (International Olympic Committee) terkait dengan Olimpiade menjadikan Olimpiade semakin efisien dan efektif. Namun tetap dapat meninggalkan warisan bagi penyelenggara,” ungkapnya.

Menurutnya proses seleksi ini akan dilaksanakan hingga tahun 2023 mendatang. Dia berharap setelah seleksi, Indonesia dapat ditetapkan sebagai tuan rumah olimpiade 2032.

Untuk itu, dirinya secara khusus meminta Presiden Jokowi untuk berkunjung ke kantor IOC di Swiss. Menurutnya hal ini akan membantu pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade.

“Kami mohon kepada bapak presiden agar bisa berkunjung ke kantor IOC di Lausanne, Swiss. Dan presiden setuju. Dan itu akan sangat membantu proses pencalonan kita sebagai tuan rumah olimpiade dan paralimpiade 2032,” pungkasnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan