Jokowi Minta Roadmap Pencalonan Tuan Rumah Olimpiade 2032 Segera Disiapkan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Jokowi pun meminta jajaran menteri mempersipkan roadmap atau peta jalan untuk pencalonan menjadi tuan rumah dengan baik dan matang.

"Roadmap pencalonan kita untuk tuan rumah 2032 ini betul-betul disiapkan dengan baik berdasarkan timeline yang telah ditetapkan oleh IOC (Komite Olimpiade Internasional)," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Rabu (4/11/2020).

Pasalnya, proses seleksi akan dimulai paling lambat 2023. Sementara, untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia masih harus bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dan India.

"Ini penentuan tuan rumah ini akan ditetapkan di 2024 dan proses seleksi ini dimulai selambat-lambatnya 2023. Ini yang saya kira roadmap-nya perlu disiapkan," ujarnya.

Kendati begitu, Jokowi meyakini Indonesia mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Menurut dia, kesuksesan Indonesia dalam menggelar Asian Games dan Asian Para Games 2018 menjadi modal utama.

"Ini membuka rasa percaya diri juga membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam event internasional," tutur Jokowi.

Jakarta Diminta Bersiap Jadi Tuan Rumah

Sebelumnya, Jokowi meminta agar DKI Jakarta bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Hal ini dikatakan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Namun di sisi lain, KOI juga sedang memperjuangkan hal tersebut pada Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"Saya kapasitas Ketua Olimpiade Indonesia sedang berjuang atas perintah Bapak Presiden, untuk meminta Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Surat sudah dilayangkan langsung oleh Presiden kepada IOC itu minta Indonesia sebagai tuan rumah. Dan tempatnya dikatakan Pak Presiden, disiapkan di Jakarta," ucap Ketua KOI Raja Sapta Oktohari di Balai Kota Jakarta, Jumat 14 Februari 2020.

Olimpiade 2020 di Tokyo, menurut Okto, akan menjadi ajang Indonesia untuk menyampaikan kemampuannya menjadi tuan rumah. Dia menyebut keputusan jadi tuan rumah, akan diambil sebelum tahun 2024.

Adapun pertimbangan Jakarta untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, karena Jakarta telah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

"Mereka (IOC) hadir saat Asian Games dan Asian Para Games menjadi saksi. Orang Indonesia khususnya orang Jakarta sangat antusias, dan sudah memiliki fasilitas," tutur Okto.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan