Kala Jokowi Sebut NasDem Partai Besar yang Disegani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat HUT ke-9 Partai NasDem. Jokowi menyebut NasDem sebagai partai besar yang disegani.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-9 kepada keluarga besar Partai NasDem dan sekaligus selamat menjadi partai besar yang disegani," kata Jokowi seperti disiarkan dalam akun YouTube NasDem TV, Rabu (11/11/2020).

Jokowi lantas menyinggung semangat dasar NasDem, yaitu restorasi Indonesia. Dia mengajak seluruh kader NasDem melakukan perbaikan demi Indonesia Maju.

"Semangat itulah yang ada dalam pemerintah sekarang ini, semangat itulah yang melandasi kerja kita selama ini, termasuk dalam menghadapi banyak tantangan akibat pandemi COVID yang melanda dunia sekarang ini," ujar dia.

Jokowi mengatakan pandemi COVID-19 ini tak hanya mengakibatkan permasalahan kesehatan, tetapi juga ekonomi di seluruh dunia terpuruk. Jokowi menyebut hal ini sebagai pukulan yang berat.

"Tetapi alhamdulillah memasuki kuartal ketiga 2020, perekonomian kita sudah mulai ke arah pulih dan bangkit, pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal ketiga tumbuh minus 3,49 persen year on year. Artinya, sudah mengalami peningkatan, pertumbuhan ekonomi 1,83 persen di kuartal ketiga dibandingkan kuartal yang kedua," ujar dia.

Namun, kata Jokowi, hal itu tidak boleh membuat semua pihak puas. Justru, sambung Jokowi, momentum ini harus dijadikan bangsa Indonesia untuk bersaing di pasar global.

"Tanggal 30 Oktober 2020 lalu, Indonesia telah menerima fasilitas generalized system of preferences (GSP) dari pemerintah Amerika Serikat. Kita memperoleh fasilitas keringanan dan pembebasan berbagai biaya masuk barang Indonesia ke Amerika sehingga produk dalam negeri kita, produk UMKM kita, lebih bisa bersaing dengan produk-produk yang lain, bahkan maknanya lebih dari itu kita semakin memperoleh kepercayaan besar dari masyarakat internasional," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia itu harus dimanfaatkan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia. Jokowi lantas menyinggung soal alasan dibentuknya UU Cipta Kerja.

"Kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia dan kemunduran banyak negara akibat pandemi COVID harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk mengejar ketertinggalan kita, UMKM harus kita berdayakan semaksimal mungkin, peluang kerja harus kita ciptakan sebanyak mungkin, itulah semangat dari penerbitan UU Cipta Kerja yang sekaligus dimaksudkan untuk mempercepat industrialisasi dalam negeri serta memperkuat sektor strategis terutama lapangan kesehatan dan energi," tutur Jokowi.

Jokowi kemudian berbicara mengenai perubahan besar-besaran. Menurut Jokowi, perubahan kerap kali membuat orang khawatir jika tak dikomunikasikan dengan baik.

"Setiap perubahan, setiap restorasi, apalagi restorasi besar-besaran, sering kali menimbulkan kekhawatiran dan salah pengertian, apalagi jika tidak terkomunikasikan secara baik dengan waktu yang memadai. Tapi kita juga harus maklum bahwa persaingan membutuhkan kecepatan, momentum yang sempit dalam persaingan ekonomi global harus direspons dengan cepat," imbuh Jokowi.

"Karena itu, saya mengajak seluruh keluarga besar Partai NasDem untuk bersama-sama mengawal restorasi yang sedang kita lakukan agar UMKM kita tumbuh pesat dan peluang kerja bertambah berlipat ganda dan kita mampu memanfaatkan peluang yang ada, perekonomian global yang sedang bergejolak ini," sambung Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan