Kartu Prakerja Gelombang 12 Bakal Dibuka? Ini Bocorannya

Program Kartu Prakerja di tahun 2020 semula di ditargetkan hingga Gelombang 10 dengan peserta 5,6 juta penerima. Namun dalam pelaksanaannya, sejumlah penerima terpaksa dicabut kepesertaannya karena tak kunjung membeli paket pelatihan.

Dari kuota penerima yang dinyatakan hangus ini, Komite Cipta Kerja (KCK) memutuskan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 untuk mengisi sisa kuota yang hangus.

Informasi saja, Kartu Prakerja gelombang 11 telah dibanjiri sekitar 6 juta pendaftar dari kuota yang disiapkan 400 ribu orang. Secara total, jumlah pendaftar dari gelombang 1 hingga 11 mencapai 42 juta orang di seluruh Indonesia.

Melihat antusiasme yang tinggi tersebut, Komite Cipta Kerja berencana melanjutkan program Kartu Prakerja tahun depan. Sementara untuk tahun ini, kemungkinan tidak akan dibuka gelombang baru. Hal ini melihat sisa waktu di 2020 yang akan berakhir.

“Melihat bahwa kita sudah berada di penghujung tahun, tampaknya tidak akan ada pembukaan gelombang baru untuk 2020,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

Direncanakan, skema untuk program Kartu Prakerja 2021 tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini. Dimana setiap penerima akan mendapat paket manfaat senilai Rp 3,55 juta.

Adapun rinciannya, terdiri dari bantuan pelatihan Kartu Prakerja sebesar Rp 1 juta. Kemudian insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan dengan total Rp 150 ribu.

Ayo Cek, Penerima Kartu Prakerja Gelombang 11 Sudah Diumumkan

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja telah mengumumkan penerima peserta kartu prakerja gelombang 11. Lewat akun Instagram Kartu Prakerja, pihak manajemen mengucapkan selamat bagi yang lolos seleksi.

“Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 11!” dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Rabu (11/11/2020).

Pengumuman ini akan dikirim lewat SMS kepada 382.868 penerima manfaat. Adapun kuota ini berasal dari jumlah penerima Kartu Prakerja gelombang 1 hingga gelombang 10 yang dicabut kepesertaannya.

Pencabutan kepesertaan terjadi karena peserta tidak melakukan pembelian pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah mereka dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.

Untuk itu, bagi yang sudah menerima pemberitahuan lolos kartu Prakerja Gelombang 11, bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengikuti pelatihan:ㅤㅤ

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia.

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

“Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala, ya,” tulis akun Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Karena itu, Sobat akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan