Kemensos Bakal Beri Tunjangan Kehormatan untuk Keluarga Pahlawan

Kementerian Sosial menyalurkan tunjangan kehormatan kepada perintis kemerderkaan serta keluarga pahlawan nasional.

Pada tahun ini, total sebanyak 587 orang yang merima tunjangan dari Kementerian Sosial.

"Sesuai peraturan yang ada, Kementerian Sosial memberikan tunjangan kehormatan kepada mereka yang dinilai memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan bangsa ini,"  ujar Menteri Sosial Juliari Batubara melalui keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Tunjangan ini sebagai bentuk penghargaan negara atas jasa dan pengorbanan mereka kepada nusa dan bangsa," tambah Juliari.

Tahun ini, total sebanyak 587 orang yang merima tunjangan dari Kementerian Sosial. Perinciannya, Kemensos total sebesar Rp50 juta per tahun kepada 90 orang keluarga pahlawan nasional.

Kemudian untuk 56 orang Perintis Kemerdekaan dengan nilai sebesar Rp8.692.000 per tahun. Dan terakhir, kepada 441 orang janda Perintis Kemerdekaan dengan nilai Rp2 juta per tahun.

"Masih banyak keluarga perintis kemerdekaan dan para pahlawan yang hidup kurang beruntung secara ekonomi. Pemerintah bertanggung jawab mendukung istri atau anak keturunannya memenuhi kebutuhan dasarnya," tutur Juliari.

Juliari berharap tunjangan ini meringankan beban hidup keluarga pejuang, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dasar hukum pemberian bantuan pemerintah tersebut adalah Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Serta Besaran Tunjangan Berkelanjutan bagi Pejuang, Perintis Kemerdekaan, dan Keluarga Pahlawan Nasional.[tribunnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan