Soal Rantis Show of Force di Depan Markas FPI, Ini Kata Dankoopssus

Video sejumlah kendaraan taktis (rantis) milik Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI melintas di Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus), viral di media sosial (medsos). Netizen menyebut rantis milik pasukan elite TNI tersebut tengah unjuk kekuatan (show of force).

Peristiwa tersebut dikaitkan dengan Front Pembela Islam (FPI) karena rombongan kendaraan berhenti di dekat pelang DPP FPI di Jl KS Tubun, Petamburan, Jakpus.

Komandan Koopssus (Dankoopssus) TNI, Mayjen TNI Richard Tampubolon, menjelaskan tidak ada peristiwa khusus terkait rombongan kendaraan tersebut. Dia mengatakan rombongan kendaraan dalam perjalanan menuju markas di Cilangkap, Jakarta Timur.

"Perjalanan kembali ke markas, susunan konvoi harus hati-hati di jalan," kata Mayjen Richard Tampubolon saat dihubungi, Kamis (19/11/2020).

Richard mengatakan penyusunan konvoi kendaraan taktis tersebut memang lazim dilakukan oleh TNI. Maksudnya, kata dia, agar lalu lintas aman sesuai protap rombongan kendaraan taktis.

"Sehingga aman bagi rombongan sesuai protap yang ada," ucapnya.

Kemudian Richard juga menyebut saat itu kondisi di lokasi juga tengah macet. Karena itu, akhirnya diputuskan untuk sekaligus memeriksa kendaraan serta urutan konvoi yang kebetulan berada di dekat markas FPI.

"Sepertinya pas jalan macet dan sekaligus cek kendaraan serta urutan konvoi tetap tertib sesuai protap bila konvoi, ya sehingga aman bagi semua pengguna jalan," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam video yang beredar, setidaknya terlihat empat kendaraan milik TNI. Kendaraan yang paling kentara adalah kendaraan taktis 'Maung'.

Di samping bodi kendaraan bikinan PT Pindad tersebut tertulis Koopssus TNI. Koopssus tak lain adalah Komando Operasi Khusus, pasukan elite milik TNI. Di dalam Koopssus terdapat pasukan elite dari tiga matra di TNI yakni Den-81 Kopassus, Den-Jaka Marinir, dan Sat-Bravo Paskhas.

Selain Maung, terlihat dua truk hitam, satu mobil patroli, dan satu motor PM yang mengawal rombongan. Terdengar sirene dari kendaraan TNI tersebut 'meraung-raung' beberapa saat hingga akhirnya meninggalkan lokasi. Netizen menyebut momen ini sebagai ajang unjuk kekuatan TNI (show of force).

Rombongan ini sempat berhenti di depan plang SMP 1908. Di samping plang SMP tersebut terlihat plang DPP FPI.

Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan rombongan tersebut dalam perjalanan usai menggelar latihan.

"Betul konvoi kendaraan Koopssus kembali dari kegiatan menuju ke markasnya di Cilangkap lewat Petamburan. Tidak ada hal khusus," kata Mayjen Achmad Riad saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/11). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan