Susi Pudjiastuti Juga Akan Dapat Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi

Bukan hanya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang akan mendapat penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 11 November mendatang. Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga akan mendapatkannya.

"Semua anggota kabinet yang mendapat tugas di pemerintahan sampai satu periode selesai itu mendapat Bintang Mahaputra Adipradana," ujar Menko Polhukam Mahfud Md seperti disiarkan dalam YouTube Kemenko Polhukam, Kamis (5/11/2020).

Jokowi akan memberikan penghargaan kepada menteri atau anggota kabinet di periode pertamanya, termasuk Susi. Ada juga menteri yang pada periode kedua Jokowi ini mendapat penghargaan, seperti Menlu Retno Marsudi serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan.

"Dan yang akan mendapat banyak, 30 orang lebih lah. Ada Susi Pudjiastuti dapat, itu juga orang kritis. Tetap dapat. Ada Retno Marsudi, Luhut Pandjaitan, dan beberapa menteri yang sudah selesai, tapi belum mendapat, nanti akan diberikan tanggal 11," jelas Mahfud.

Gatot dan Susi masuk di gelombang kedua dalam pemberian penghargaan Bintang Mahaputera. Pada Agustus lalu, Jokowi juga sudah memberikan penghargaan yang sama untuk beberapa tokoh.

"Kemarin keputusannya anggota kabinet Pak Jokowi Agustus kemarin sudah diberi tetapi kan terlalu banyak waktu itu. Ada dari beberapa lembaga, tenaga medis. Lalu ditunda. Ditundanya waktu itu dijanjikan bulan November karena tidak boleh lewat dari bulan Desember," jelas Mahfud.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Negara, Bintang Mahaputera diberikan untuk memberi kehormatan tinggi kepada mereka yang berjasa luar biasa guna keutuhan, kelangsungan, serta kejayaan bangsa dan negara. Bintang Mahaputera terbagi lagi atas lima kelas, apa saja?

Adapun 5 kelas Bintang Mahaputera adalah:

1. Bintang Mahaputera Adipurna
2. Bintang Mahaputera Adipradana
3. Bintang Mahaputera Utama
4. Bintang Mahaputera Pratama
5. Bintang Mahaputera Nararya

Jokowi menganugerahkan Bintang Mahaputera Utama dan Nararya dalam rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI lalu. Ada sejumlah tokoh yang diberi penghargaan, dari Fadli Zon hingga Fahri Hamzah.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan Presiden Jokowi bakal menganugerahkan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Selain Gatot, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat bakal mendapatkan penghargaan serupa.

Informasi ini disampaikan Mahfud lewat akun Twitter @mohmahfudmd seperti dilihat detikcom, Selasa (3/11). Selain Bintang Mahaputera, Jokowi bakal menganugerahkan gelar pahlawan nasional.

"Tanggal 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) dan Bintang Mahaputera (BM). Yang dapat gelar PN, antara lain, SM Amin dan Soekanto; yang dapat BM, antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat," tulis Mahfud.

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan semua mantan Panglima TNI hingga mantan menteri mendapatkan penghargaan tersebut.

"Ya, semua mantan Panglima dan semua mantan menteri serta pimpinan lembaga negara yang selesai satu periode juga dapat BM. Itu harus diberikan tanpa pandang bulu," kata Mahfud. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan