Terkait Kasus Habib Rizieq, Ini Tanggapan Polri

Mabes Polri melimpahkan sepenuhnya penanganan sejumlah kasus terkait dengan Habib Rizieq Shihab (HRS), ke Polda Metro Jaya serta termasuk evaluasi pengamanan kepulangan orang nomor satu di Front Pembela Islam (FPI).

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono menyatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan atas sejumlah kasus dengan terlapor Habib Rizieq. Untuk yang dilaporkan ke Mabes Polri dan ditangani Mabes, kata Awi, telah dilimpahkan penanganannya ke Polda Metro Jaya. Meski begitu, Awi tidak menjelaskan secara spesifik alasan pelimpahan kasus tersebut ke Polda.

"Jadi seperti kemarin yang sudah sampaikan silakan konfirmasi ke Polda Metro Jaya. Karena memang sudah kami limpahkan semuanya ke PMJ penanganannya," kata Awi saat konferensi pers di Gedung Mabes Polri, Selasa (10/11/2020).

Dia membeberkan, selain itu memang ada satu kasus terkait HRS yang sebelumnya dilaporkan ke Polda Jawa Barat. Untuk kasus ini, Awi memastikan, telah dihentikan penyidikannya oleh Polda Jawa Barat dengan diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Tapi Awi tidak menyampaikan alasan SP3 kasus tersebut.

"Informasi yang kami dapatkan demikian (sudah SP3). Di sana (Polda Jawa Barat) yang terjadi demikian. Karena disana infonya demikian," paparnya.

Awi melanjutkan, selain itu Polri juga melakukan evaluasi terhadap penanganan dan pengamanan terkait dengan kepulangan HRS ke Indonesia pada Selasa (10/11/2020) pagi serta situasi yang terjadi. Untuk evaluasi ini, Mabes menyerahkan juga sepenuhnya ke Polda Metro Jaya.

"Seperti tadi saya sampaikan, silahkan koordinasi dengan PMJ. Karena memang sudah kami limpahkan semuanya ke PMJ penanganannya, termasuk hal-hal apa yang terjadi di lapangan. Silahkan update-nya ke PMJ. Kita bagi-bagi tugas," pungkasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan