Jokowi Optimis Ekonomi Bangkit dan Segera Pulih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan semua Kementerian dan Lembaga bergerak cepat menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini supaya ekonomi Indonesia bisa pulih lebih cepat

"Dalam situasi pandemi seperti ini kita semuanya harus mampu bergerak cepat mampu memperkuat kerjasama dan sinergi. saya optimis kita akan bangkit ekonomi kita akan pulih kembali normal," kata Jokowi dalam video virtual, Selasa (22/12/2020).

Menurutnya, secara konsisten kebijakan pemulihan ekonomi yang dijalankan sudah mulai terlihat hasilnya dengan tren perbaikan.

"Seperti ini kita berharap situasi ekonomi kita, perekonomian kita ke depan akan lebih baik dan akan membaik," imbuhnya.

Lalu, pemerintah akan segera memberikn vaksin gratis kepada seluruh rakyat dan akan dimulai di awal tahun 2021.

Adanya program vaksinasi ini diharapkan kepercayan publik tentang penanganan Covid-19 akan muncul dan menimbulkan rasa aman di masyarakat.

"Sehingga pemulihan ekonomi diharapkan bisa berjalan dengan lebih cepat," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai resesi ekonomi dunia belum berakhir. Sebab pandemi virus Covid-19 membawa dampak yang dalam bagi perekonomian dunia.

Adapun, laporan OECD pertumbuhan ekonomi dunia bisa minus 4,2%. Jika terjadi, maka resesi yang sangat dalam tak bisa terhindarkan. 

"Tahun 2020 menurut OECD growth akan mencapai minus 4,2%. Ini berarti resesi yang cukup dalam atau sangat dalam bahkan kalau dibandingkan pada saat guncangan global ekonomi pada saat financial crisis tahun 2008-2009," tutur Sri Mulyani.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan