Jokowi: Vaksinasi COVID-19 Segera Dilakukan untuk Capai Herd Immunity

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan vaksinasi Corona akan dilakukan di pertengahan Januari 2021. Hal itu guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Vaksinasi juga akan dilakukan di pertengahan Januari 2021 untuk mencapai herd immunity," ujar Jokowi dalam tayangan video di YouTube Setpres, Kamis (31/12/2020).

Jokowi berharap bila herd immunity terjadi maka penyebaran COVID-19 bisa dihentikan. Ia juga meminta semua warga untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Taatilah protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, jangan lengah, jangan menganggap remeh," terang Jokowi.

Ia berharap dengan kondisi warga Indonesia yang sehat maka pergerakan ekonomi akan pulih di tahun 2021.

Di kesempatan yang sama, Jokowi menilai tahun 2020 sebagai tahun yang penuh ujian. Pandemi Corona yang muncul menyebabkan krisis di banyak negara, termasuk Indonesia.

"Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2020. Kita semua mencatat tahun 2020 sebagai tahun ujian yang amat berat," ujar Jokowi.

Pandemi Corona membuat 215 negara menghadapi krisis kesehatan dan perekonomian, tak terkecuali Indonesia. Jokowi menyebut di seluruh dunia total sudah 82 juta orang terinfeksi dan 1,8 juta orang meninggal dunia.

Selain itu, Corona juga menyebabkan mata pencaharian sejumlah orang hilang. Termasuk yang kehilangan nafkah,.

"Tahun 2020 merupakan krisis terberat dalam sejarah dunia. Kita juga tak luput dari cobaan yang tak mudah. Ini ujian yang amat berat," jelas Jokowi.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan